Gubernur Apresiasi Program Kerja Balitbangda Papua Barat 4 Tahun Terakhir

0
121
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengapresiasi program kerja Badan Penelitian dan pembangunan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat yang dicapai selama empat tahun terakhir.
“Sejak 2017 hingga saat ini,Balitbangda Papua Barat telah menghasilkan beberapa produk penelitian yang inovatif, baik dalam bentuk regulasi, data dan informasi ilmiah, rekomendasi serta produk-produk  inovasi lainnya yang juga merupakan hasil kerja sama dengan OPD teknis serta mitra pembangunan  Papua Barat, maka patut diberikan apresiasi,” kata Gubernur saat Pameran dan Ekspose Hasil Riset dan Inovasi Daerah, Selasa (23/2/202) di Mansinam Beach Hotel Manokwari.
Menurut Gubernur, hasil riset, kegiatan pameran dan ekspos yang disampaikan lewat media sangat baik. Dan beberapa rekomendasi hasil penelitian tahun 2020 yang segera ditindaklanjuti oleh OPD terkait dan mitra pembangunan, di antaranya, program perkembangan perkebunan Kopi dan Kakao rakyat secara sistematis dan berkelanjutan berbasis pertanian konservasi dengan melihat tingkat adaptasi inovasi dari masyarakat.
“Selain itu,ada juga pembangunan PLTMH Ingen Menyambouw dan PLTMH Susmorof, layak untuk segera dibangun oleh pemerintah daerah setempat, Balitbangda berkoordinasi dengan Tim Propemperda DPR-PB dan OPD terkait untuk membahas dan menetapkan Perdasi tentang kelitbangan dan inovasi daerah di Papua Barat. Serta tindaklanjuti rekomendasi tentang efektivitas dan koordinasi lembaga Otsus di Papua Barat Biro Otsus di Sekda dan Bidang Otsus di Bappeda untuk segera dilebur menjadi Badan Pengelola Otsus Provinsi Papua Barat,” ucapnya.
Gubernur menegaskan, sesuai fungsi dan peran strategis Balitbangda, sebagai lembaga yang dalam lingkup Pemprov Papua Barat, memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam menunjang pelaksanaan pembangunan di Papua Barat.
Mengingat, fungsi dan tugas pokok yang sangat luas tersebut, berharap keberadaan Balitbangda  terus mampu melaksanakan fungsi perannya sebagaimana yang dilakukan selama ini, dengan bekerja sama dengan OPD teknis terkait dalam memberikan terobosan-terobosan untuk melaksanakan pembangunan melalui rekomendasi hasil-hasil penelitian dan inovasi yang berkualitas serta dapat memberikan manfaat yang signifikan.
Gubernur juga berharap Balitbangda dalam menyebarluaskan hasil-hasil riset dan inovasi dapat diketahui oleh pemda dan setiap pemangku kepentingan untuk dijadikan sebagai dasar kebijakan  guna mengakselerasi pembangunan di Papua Barat yang tepat sasaran dan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat.
“Jika semua kegiatan kelitbangan dan inovasi dikerjakan dan dibangun dengan hati akan menghasilkan produk yang berkualitas dan bermanfaat untuk mengawal pembangunan Papua Barat menuju pembangunan berkelanjutan dalam wadah provinsi berkelanjutan, ” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.