Dikunjungi Gubernur, Kesejahteraan Petani Sawit Semoga Bisa Terpenuhi

0
168
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyerahkan sertifikat tanah bidang kepada petani program retribusi tanah objek landreform di di Kampung Wasegi Indah, Rabu (18/6/2020). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke lokasi Pembibitan Kelapa Sawit program Peremajaan  Sawit Rakyat  (PSR) pelaksana Koperasi Produsen  Arfak Sejahtera dan menyerahkan sertifikat tanah 680 bidang kepada petani program retribusi  tanah objek landreform.
“Hari ini saya bisa berada ditengah-tengah para petani kelapa sawit yang berasal dari dataran Warpramasi, sebelum saya ke sini  saya sudah diajak untuk melihat lokasi peremajaan Kelapa Sawit yang berada di Distrik Warmare, dan saat ini saya berada di Kampung Wasegi Indah untuk melihat langsung tempat pembibitan yang ada,” ujar Gubernur, Rabu (17/6/2020) di Kampung Wasegi Indah, Prafi.
Pembibitan Kelapa Sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) oleh Koperasi Produsen Arfak Sejahtera.
Setelah melihat langsung tempat pembibinan, Gubernur cukup kagum. “Ini sangat luas biasa, saya harapkan apa yang menjadi harapan dari pada petani kelapa sawit di sini sehingga menjadi catatan penting bagi kita semua baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dan pihak perbankan,” ujar Dominggus Mandacan.
Kelapa sawit yang ada di Prafi, kata Gubernur, usianya sudah cukup tua, sejak tahun 80-an  mulai dari PTPN  II,  kemudian PT Yongjing Investindo dan sekarang sudah ada perusahaan yang menang tender, namun masih dalam proses tahap mengambil alih perkebunan kelapa.
Gubernur berharap kesejahteraan  dari petani yang tergabung di dalam  kelapa sawit ini bisa terpenuhi. “Untuk itu saya harapkan semua OPD-OPD  segera tindak lanjuti apa yang menjadi keluhan para petani, rapatkan, baik internal, tapi juga para petani, “ ucapnya.
Menurut Dominggus saat ini ada 1500 Ha yang sudah ada pendannaannya  yang akan dilakukan peremajaan, pada tahun  2019 ada 344 ha dan  tahun  2020 ada 1200 ha lagi, dan  sudah dilakukan peremajaan secara bertahap. “Tahun ini kita harapkan 1500 hektar  peremajaan bibit yang ada ini bahkan ada yang sudah ditanam,” harap Gubernur.
Sementara Plt Bupati Manokwari, Edi Budoyo menambahkan dalam rangka penyerahan sertifikat tanah untuk  kelapa sawit di Wasegi Indah ini, kegiatan penanaman ulang kelapa sawit rakyat difasilitasi oleh pemerintah melalui penyaluran dana hibah oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan.
“Oleh pengelola dana perkebunan kelapa sawit DPD PKS sebesar Rp 25 juta per hektar dan pada bulan Juni tahun 2020 telah dinaikkan menjadi Rp 30 juta per hektar yang penyalurannya melalui perbankan, jadi dinaikkan Rp 5 juta, kita patut bersyukur.”
Menurut Edi yang tadinya bantuan itu hanya sebesar Rp 25 dinaikkan menjadi Rp 30 juta. “Bapak Gubernur  kami telah melaksanakan proses tumpang jeeping dan penanaman perdana peremajaan sawit rakyat beberapa waktu lalu dan lahan yang sudah dibajak, juga dimanfaatkan untuk  menanam jagung melalui pola tanam tumpang sari yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan yang bermuara pada perkembangan teknologi diusaha tani yang produktif, menguntungkan dan sekaligus  melestarikan lahan,” ungkapnya.
Sesuai arahan Gubernur beberapa waktu lalu agar Manokwari memiliki pabrik  pengolahan kelapa sawit, sehingga pihaknya memohon dukungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.
 Realisasinya telah dibangun pabrik mini kelapa sawit  I di Kampung Wasegi Indah oleh asosiasi  petani kelapa sawit bekerjasama dengan Koperasi Sawit Arfak Sejahtera dan pembangunan pabrik makanan ayam atau enggak titik-titik Masni sebagai penampung jagung yang ditanam tumpang sari dengan kelapa sawit.
“Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil BPN atau ATR  yang telah membantu petani melalui program redistribusi sertifikat tanah untuk menjamin kepastian hukum lahan yang dijadikan agunan untuk pembiayaan perbankan,” demikian Edi Budoyo menjelaskan.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.