Dibuka Presiden, Penjabat Gubernur Papua Barat Hadiri Rakornas Kepala Daerah di Bogor

0

BOGOR,KLIKPAPUA.com- Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M. Si mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri. Rakornas dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo

Rakornas berlangsung di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor, Selasa (17/1/2023). Rakornas mengusung tema ‘Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi’.

Sebanyak 4.551 undnagan dan peserta dari pemerintah pusat hingga daerah menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023

Dalam gelaran ini, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah dan anggota Forkopimda mengenai kebijakan pemerintah pusat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menuturkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama kementerian dan lembaga terkait telah melakukan berbagai langkah, yakni rapat koordinasi rutin setiap minggunya.

Rapat koordinasi rutin tersebut dilakukan sebagai upaya menentukan langkah dalam menangani inflasi di setiap daerah seluruh Indonesia yang dilakukan sejak Oktober 2022 lalu.

Tito menuturkan, perekonomian daerah menunjukkan peningkatan positif berkat kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

“Berkat arahan Bapak Presiden serta kolaborasi instansi pusat dan pemerintah daerah dilaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif yang berdasarkan laporan BPS kuartal ketiga tahun 2022 mencapai angka 5,72 persen,” papar Tito dalam laporan pembukanya.

Dia menegaskan, Indonesia berhasil mengendalikan tingkat inflasi nasional yang ditandai dengan turunnya angka di beberapa bulan terakhir pada 2022 lalu. Berdasarkan data yang ia peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Tito menyebut adanya penurunan angka inflasi sejak bulan September hingga November.

Kendati demikian, kata dia, terjadi kenaikan angka inflasi di bulan Desember 2022. Kenaikan tersebut disinyalir karena perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik sesuai dengan sesuai dengan data pusat statistik September 2022 5,95 persen. Kemudian pada Oktober 2022 turun menjadi 5,71 persen dan November 2022 turun sebesar 5,42 persen,” katanya.

“Terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sedikit 5,51 persen karena adanya pola di mana yang bersifat musiman karena adanya Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru,” tambahnya.

Adapun, beberapa Menteri Koordinator dan Menteri Kabinet Indonesia Maju yang menghadiri acara tersebut di antaranya Menkominfo Johnny G Plate, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menhub Budi Karya Sumadi, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, MenPANRB Azwar Anas, Kepala Bappenas Soeharso Monoarfa, Gubernur BI Perrywarjio, hingga KSAD Dudung Abdurrachman.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.