Blusukan ke Borobudur I dan 2, Hermus Indou Disambut Seperti Bupati

0
158
Dalam masa kampanye, Calon Bupati Manokwari mendatangi kompleks Borobudur I dan 2, Sabtu (2/10/2020). (Foto: klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–Calon Bupati Manokwari, Hermus Indou menyambangi keluarga besar Borobudur 1 dan 2, Jumat 2/10/2020). Kedatangan Hermus Indou bersama tim disambut bagaikan seorang Bupati oleh masyarakat Borobudur.
Pantauan klikpapua.com, Hermus Indou sambut oleh warga Borobudur sambil meneriakan “HEBO Nomor Urut Dua,Kompleks Borobudur Bungkus untuk Nomor Dua, tidak ada yang lain.” Di Borobudur Hermus melakukan blusukan ke setiap gang-gang yang ada. Blusukan dilakukan Hermus sebelum melakukan tatap muka bersama warga Borobudur 1 dan 2.
Hermus mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta mau menerima dirinya. “HEBO hari ini tidak berjalan sendiri, tetapi juga berjalan bersama-sama Bapak Siradjudin dan Edison Oroncomna. Terima kasih kepada semua warga yang mau menerima kami dengan membuka pintu rumah dan pintu hati untuk kami bersilahturahmi dengan warga semua,” kata Hermus.
Dalam blusukan itu, Hermus didampingi para orangtua di Kompleks Borobudur. Dia melihat realita kehidupan para nelayan dan juga seluruh masyarakat yang mendiami kompleks tersebut. “Kita berada di sini atas kehendak Tuhan dan saya percaya sesuai motto kita Manokwari untuk semua dan semua untuk Manokwari. Manokwari merupakan pintu yang telah terbuka, bukan hanya untuk satu agama, tidak hanya untuk satu golongan, tetapi Manokwari hari ini menjadi tempat dimana kita bisa berdiam dan tinggal bersama-sama, berinteraksi, beraktifitas baik secara sosial maupun secara ekonomi di tempat ini,” paparnya.
Lanjut Hermus mengatakan, Hermus Indou dan Edi Budoyo menggunakan tagline “HEBO”, yang artinya. Huruf “H “ berbicara tentang Harmoni. Pasangan yang mempresentasikan  hubungan yang harmoni antara dua agama yang besar di tanah ini. “Ini merupakan penghormatan terhadap  sejarah peradaban yang telah lahir di tanah ini. “E“ adalah Elegan, berbicara tentang sesuatu yang indah dipandang mata yang bernilai estetika. “Kita berharap kedepan Manokwari ditata  jauh lebih baik lagi untuk kita, karena Teluk Sawaibu ini merupakan icon untuk Manokwari,” kata Hermus. Dari hasil blusukannya, ia temukan masih banyak warga tinggal di rumah yang tidak layak. Banyak nelayan yang belum hidup layak.
“B” Berbudaya, Hermus mematikan semua adat istiadat, kultur dari Sabang sampai Merauke yang hidup di Kabupaten Manokwari ini semuanya terjaga dan terlindungi. “Dan kita kembangkan sebagai identitas  daerah kita, keberagaman atau Bhineka Tunggal Ika  Manokwari ini menjadi sesuatu yang kita jaga dan pelihara bersama-sama,” katanya.
Dan terakhir dari kata HEBO “O “.Optimis, percaya Manokwari sebagai ibukota provinsi dan menjadi pusat peradaban di Tanah Papua, harus bisa mengalami perubahan. “Harus bisa mengalami kemajuan di waktu yang akan datang. Kami optimis Pilkada 9 Desember nanti pasti kami memenangkan bersama-sama dengan rakyat Kabupaten Manokwari,” ungkapnya.
Hermus berharap ke depan kawasan Teluk Sawaibu bisa ditata dan dibangun secara produktif. “Pertama kita akan menata kawasan pemukiman nelayan di beberapa tempat atau di kawasan pantai di Kabupaten Manokwari, mulai dari Borobudur, Biryosi dan Sanggeng, karena ini merupakan basis nelayan OAP. “Kita  pastikan kawasan itu juga kita bangun untuk pemberdayaan orang  asli Papua  sebagai nelayan di ibukota provinsi, dan berikut di Sowi IV, kita pastikan juga itu menjadi kawasan nelayan yang tentu memproduksi ikan untuk menghidupi Kabupaten Manokwari di waktu yang akan datang,” jelasnya.
Selain itu, juga akan dilakukan repitalisasi atau penataan kawasan Teluk Sawaibu secara menyeluruh. Dermaga-dermaga nelayan  ditempat untuk kepentingan para nelayan.  “Saya percaya suplai ikan yang berasal dari Borobudur, Sanggeng, Wosi dan Sowi itu untuk kita yang ada di Kabupaten Manokwari,” katanya.
Dan yang terakhir pasangan HEBO akan memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas perikanan tangkap yang memadai bagi seluruh nelayan. “Kita juga berharap kedepan ada BUMD d isektor perikanan dan kelautan yang tentu mampu bekerjasama dengan seluruh nelayan, sehingga pengelolaan potensi  perikanan dan kelautan kita di Kabupaten Manokwari ini dapat kita pastikan jauh lebih maju daripada sebelumnya,” harapnya.
Sementara Sesepuh itu, Keluarga Besar Borobudur II La Ode Caludin menjamin suara 100 persen milik pasangan Hermus Indou dan Edi Budoyo, bahkan dirinya akan mengajak seluruh nelayan dan petani di Kabupaten Manokwari untuk mendukung pasangan HEBO.
“Saat kunjungan hari ini Bapak Bupati Hermus saya memerintahkan untuk semua nelayan libur. Tadi saat melakukan blusukan para ibu-ibu menunggu di depan pintu. Mudah-mudahan kehadiran bapak ini bisa membawa berkah bagi kami nelayan yang ada di sini dan bisa membawa kemenangan yang lebih besar untuk HEBO,“ tutur La Ode. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.