BI Papua Barat Kenalkan Uang Kertas Terbaru Emisi 2022

0
BI Papua Barat kenalkan uang kertas terbaru emisi 2022. Yang secara simbolis dikenalkan kepada Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. (Foto: Elyas/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPW BI) Papua Barat memperkenalkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 (TE2022) Kamis (18/8/2022).
Uang kertas terbaru itu telah diluncurkan serentak secara nasional,  dan diikuti oleh BI Perwakilan di suluruh daerah secara virtual, termasuk di BI Papua Barat yang berlangsung di Aston Niu Hotel Manokwari.
Uang kertas terbaru emisi 2022 itu, pertama kali dikenalkan di Papua Barat bersama pemerintah Provinsi Papua Barat yang dihadiri oleh Pj Gubernur Papua Barat dan jajarannya, Forkopimda Papua Barat hingga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari.
Uang emisi terbaru itu, diperkenalkan oleh Kepala Perwakilan BI Papua Barat Rut W Eka Trisilowati, dan Deputi Perwakilan BI Papua Barat James Wilson L. Tobing. “Terhitung sejak 17 Agustus kemarin, uang emisi tahun 2022 sudah resmi menjadi alat pembayaran di seluruh Indonesia,” kata Rut.
Dikatakan, distribusi uang terbaru di Papua Barat melalui perbankan di daerah. Selain perbankan, masyarakat dapat menukar uang emisi lama dengan uang terbaru di kas keliling yang disediakan BI Papua Barat.
Ketujuh pecahan uang terbaru TE 2022 tersebut terdiri atas pecahan uang rupiah kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.
Uang kertas terbaru emisi 2022
Dengan desain visual yang hampir sama dengan uang rupiah sebelumnya, uang TE 2022 tetap menggunakan gambar utama tokoh pahlawan nasional pada bagian depan.
Sementara pada bagian belakang, masih konsisten menggunakan desain visual dengan tema ragam kebudayaan Indonesia. Seperti gambar tarian, pemandangan alam, dan flora yang ada di Indonesia seperti Uang TE 2016.
Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia bi.go.id, terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.
Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.
Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.
Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.
Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.
Seluruh uang rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.
Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.
Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. (dra)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.