Berturut-turut Raih UHC, Sekda Sembiring Sentil Dokter Spesialis Utamakan Pelayanan di RSUD 

0
Pemkab Manokwari saat menerima penghargaan predikat UHC dari BPJS Kesehatan Cabang Manokwari. (Foto: Elyas/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari memperoleh penghargaan dari BPJS Kesehatan, dimana dinilai sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) tahun 2022 ini.
Penghargaan diberikan karena Pemkab Manokwari telah menjamin 97,3 persen dari total jumlah penduduk untuk mendapatkan jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS.
Penghargaan itu diserahkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Deny Jermy Eka Putra Mase diterima Sekda  Manokwari, drg. Henri Sembiring pada Selasa (9/8/2022) di salah satu hotel di Manokwari.
Dengan diterimanya penghargaan itu, harus dibarengi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Kendati demikian, Sekda Manokwari drg. Henri Sembiring menyinggung tenaga medis terutama dokter spesialis untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari. Terutama ihwal visite atau kunjungan ke pasien rawat inap.
“Ditingkatkan pelayanannya, karena sudah tercover 97,23 persen, dari 15 puskesmas yang ada 13 puskesmas sudah memiliki dokter umum tinggal dua yang belum,” bebernya
Kemdian, terkait peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit pemerintah, peran dokter spesialis dituntut untuk lebih mengutamakan pelayanannya. Karena jasa dokter spesialis itu diminta Pemkab Manokwari untuk melayani masyarakat di daerah ini.
“Rumah sakit ada kendala SIP (surat ijin praktik) dokter dan sebagainya, dan saya harap itu dikerjakan oleh dokter yang bekerja untuk Pemerintah Kabupaten Manokwari, karena dokter spesialis di RSUD telah dibayar oleh pemda Rp40 juta per bulan,” harapnya.
“Saya harap kepada dokter-dokter spesialis, karena anda sudah dibayar oleh bupati tolong fasilitas yang diutamakan itu adalah yang membayar. Jangan ceperan yang banyak. Jadi kalau visite, visite-lah dulu di RSUD, setelah itu baru ke klinik dan sebagainya,” ucapnya lagi.
Meski demikian dia mengucapkan terimakasih kepada dokter spesialis telah melayani masyarakat Manokwari.
Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Deny Jermy Eka Putra Mase mengatakan, Pemkab Manokwari meraih penghargaan UHC sejak tahun 2017 untuk wilayah Papua Barat, Manokwari mendapatkan penghargaan berturut-turut dari Presiden Jokowi, atas capaian provinsi yang menempati peringkat keempat dari seluruh provinsi di Indonesia atas capaian jaminan kesehatan.
Dan tahun 2022 ini, Papua Barat naik menjadi peringkat pertama dari 34 provinsi di Indonesia yang mana sudah lebih dari capaian yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu lebih dari 95 persen Papua Barat mendukung jaminan kesehatan.
Disebutkan, dari total jumlah penduduk sebanyak 192.427 jiwa, sebanyak 187.154 jiwa sudah mendapatkan jaminan kesehatan. “Masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bagaiamana pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat,” bebernya. (dra)

SPACE
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.