Barnike Susana Kalami Siap Calon Waket IV DPR-PB

0
57

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Proses pengisian jabatan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat dari Fraksi Otsus akan memasuki tahap akhir.

Panitia kerja revisi tata tertib DPR Papua Barat periode 2019-2024 yang dipimpin Zeth sudah menetapkan hasil revisi dan dalam waktu dekat akan melakukan konsultasi ke Kementrian Dalam Negeri di Jakarta.

Setelah itu dikonsultasikan maka selanjutnya dilakukan pemilihan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat sesuai perintah PP Nomor 106 dan 107 Undang-undangan nomor 2 tahun 2021 tentang pelaksanaan otonomi khusus Papua.

Pemilihan unsur pimpinan dewan ini dilakukan dalam internal fraksi otsus dan dipilih 11 kursi dimana mereka mempunyai hak yang sama untuk dipilih dan memilih.

Anggota Fraksi Otsus DPR Papua Barat Barnike Susana Kalami,S.E menyatakan diri siap mencalonkan diri sebagai Wakil Ketua IV DPR Papua Barat.

Menurutnya, perempuan juga punya kesempatan dalam bidang politik untuk menjabat unsur pimpinan dewan.

“Sebagai perempuan papua saya siap untuk mencalonkan diri sebagai unsur pimpinan (Wakil Ketua IV) DPR Papua Barat utusan dari Fraksi Otonomi khusus,” kata Barnike saat ditemui di Manokwari, Senin (7/3/2022).

Dijelaskan Barnike bahwa meski dia hanya satu perempuan di fraksi otsus tetapi punya hak politik yang sama dengan anggota dewan lainnya dari jalur pengangkatan sehingga pasti ada kesempatan.

Kemudian, ini merupakan kesempatan dan peluang bagi perempuan papua untuk lebih eksis di bidang politik.

“Sehingga ini menjadi motivasi bagi saya mewakili perempuan papua di luar sana, menyuarakan bahwa kami perempuan papua juga mampu di lembaga legislatif,” ujarnya.

Ditambahkan perempuan asli suku Moi ini bahwa dirinya sangat optimis karena sudah 1 tahun lebih bekerja sebagai wakil rakyat dan rekan-rekannya, karena itu memudahkan konsolidasinya untuk mendapat dukungan.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.