Badan Usaha di Manokwari Raih Penghargaan atas Komitmen JKN

0
Penganugerahan Penghargaan BPJS Kesehatan Tahun 2024. (Foto: Ist)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Manokwari memberikan penghargaan kepada sejumlah badan usaha atas komitmen dan kontribusinya dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Manokwari.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam kegiatan Penganugerahan Penghargaan BPJS Tahun 2024 pada, Jumat (21/6/2024) di Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Dwi Sulistyo Yudho, dalam sambutannya mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen kuat badan usaha dalam pendaftaran, pembayaran iuran, dan pemberian layanan kesehatan.

Kolaborasi dan sinergi antara BPJS Kesehatan dan badan usaha menjadi salah satu kunci keberhasilan dan keberlanjutan Program JKN.

“Penghargaan ini diberikan kepada badan usaha yang memiliki komitmen tinggi dalam mendukung JKN, baik dalam hal pendaftaran, pembayaran iuran, maupun pemberian layanan kesehatan kepada karyawan dan keluarganya,” ujar Sulistyo.

Sulistyo juga menyampaikan bahwa UHC (Universal Health Coverage) di Manokwari telah mencapai 95 persen, yang menunjukkan bahwa hampir seluruh penduduk Manokwari telah terdaftar sebagai peserta JKN.

“Capaian UHC 95 persen ini tidak lepas dari peran aktif semua pihak, termasuk badan usaha yang telah membantu mendorong partisipasi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN,” tambah Sulistyo.

Lebih lanjut, Sulistyo menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi dan perluasan cakupan JKN dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Papua Barat untuk melakukan pengawasan terhadap kepatuhan badan usaha dalam mendaftarkan karyawannya sebagai peserta JKN.

“Kami juga terus meningkatkan layanan JKN agar lebih mudah diakses dan berkualitas. Peserta JKN dapat memanfaatkan berbagai kanal untuk menyampaikan keluhan atau masukan, seperti melalui telepon 165, WhatsApp Pandawa, datang ke kantor BPJS, atau melaporkan kepada petugas BPJS di rumah sakit dan puskesmas,” terang Sulistyo.

Di akhir sambutannya, Sulistyo berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi badan usaha untuk terus berkontribusi positif dalam mendukung Program JKN.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi para peserta JKN.

“Semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi badan usaha untuk terus berkontribusi positif dan Program JKN menjadi pemacu bagi yang lain untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi peserta,” harap Sulistyo. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.