51 Hari Digembleng Latsar, 570 CPNS Manokwari Dinyatakan Lulus 8 Tak Lulus

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Sebanyak 570 calon pegawai negeri sipil atau calon aparatur sipil negara (CPNS/CASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, dinyatakan lulus pelatihan dasar (Latsar).

Latsar CPNS formasi 2018 itu, digelar selama 51 hari sejak (26/9/2022) dipusatkan di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Barat, Manokwari Selatan.

Pada penutupan Latsar, Senin (19/12/2022) di aula BPSDM Papua Barat sebanyak 570 orang CPNS dinyatakan lulus dan 8 orang lainnya dinyatakan tidak lulus atau tertunda.

Eduard Nunaki, Kepala BPSDM Papua Barat mengatakan, tujuan dan sasaran penyelenggaraan latsar adalah membentuk CPNS yang berkarakter berlandaskan nilai-nilai ASN berakhlak.

“Anda di didik agar berakhlak, anda harus berorientasi dalam memberikan pelayanan, melayani sepenuh hati,” ucapnya.

Wanto, Asisten I Setda Pemkab Manokwari saat membacakan sambutab Bupati Manokwari mengatakan, usai menjalani Latsar ASN diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik. Menghasilkan ASN profesional yang berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik.

“Masa pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme, serta kompetensi bidang,” kata Bupati.

Kemudian, saat ini ASN terus-menerus disorot dan dinilai kritis oleh semua elemen masyarakat. Oleh karenanya, ASN diharapkan mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan ini.

Penutupan Latsar CPN tersebut, ditandai dengan pemukulan tifa dan pelepasan secara simbolis kartu tanda pengenal peserta oleh Asisten I Setda Kabupaten Manokwari. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.