4 Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Investasi DPM-PTSP Papua Barat Tahun 2021

0
90

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Papua Barat tahun 2021 tidak dapat memenuhi target investasi yang diberikan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Barat Yan Piet Mosso saat ditemui wartawan di Aston Niu, Rabu (23/3/2022).

Yan Piet Mosso mengatakan ada empat faktor yang mengakibatkan tidak tercapainya target investasi di Provinsi Papua Barat pada tahun 2021, yang pertama, ada sebagian penanaman modal di daerah itu tidak melaporkan penanaman modalnya seperti apa, atau investasi daerah kepada kabupaten.

Kedua, masalah keamanan dan stabilitas daerah. Ketiga, masalah hak ulayat dimana investor mau masuk, tetapi masalah di hak ulayat.“Yang keempat, kurang ada promosi investasi, promosi potensi-potensi sumber daya keunggulan daerah ketingkat nasional maupun mendunia,” bebernya.

Kata Mosso, untuk mengatasi empat kendala tersebut, akan segera disusun rencana umum penanaman modal daerah yang dibentuk, dan lahirnya satu peraturan daerah yang mencakup semua hal.

Selain itu, kata Mosso, perlunya langkah-langkah dan aksi percepatan investasi daerah, pertama harus membangun sistem untuk mempermudahkan sistem pelayanan perizinan.  Dengan adanya UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 itu regulasi secara nasional yang ada di kementerian maupun lembaga menjadi satu UU untuk seluruh sektor.

“UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 itu turunannya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pelayanan Perizinan Perusahaan Berbasis Resiko dan Pelayanan Perizinan Investasi Daerah.

Mosso menambahkan, jika ada masalah-masalah terkait dengan perusahaan dengan masyarakat, harus secepatnya diselesaikan. “Karena cari investor baru itu susah, sehingga yang sudah ada kita jaga, kita pertahankan,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.