200 Pemuda PB dan PBD Lulus Latsarmil Komcad Matra Darat di Kodam XVIII/Kasuari

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Sebanyak 200 pemuda Papua Barat dan Papua Barat Daya telah selesai mengikuti Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun ajaran 2023 di Makodam XVIII/Kasuari.
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema menyampaikan terima kasih kepada Negara, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang telah mempercayakan Kodam XVIII/Kasuari untuk melaksanakan pendidikan dan latihan dalam rangka membulatkan dan memantapkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta lewat Latsarmil Komcad tahun 2023.
Ucapan terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya, sampai dengan ke Kepala Kampung dan lebih khusus seluruh masyarakat serta keluarga yang mempersembahkan putra terbaiknya untuk bergabung dalam Komcad tahun 2023 atas dukungan doa, moril sehingga pendidikan ini dapat berjalan dengan lancar.
Ungkapan terima kasih ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema saat upacara penutupan Latsarmil Komcad tahun 2023, di Lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Senin (31/7/2023).
Sejak dibuka oleh Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayor Jenderal Dadang Hendrayudha, pada tanggal 8 Mei 2023 lalu, sebanyak 200 pemuda terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya telah dinyatakan lulus dalam pelatihan ini.
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, lewat amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Pangdam menyampaikan sangat mengapresiasi dan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara karena kerelaan ini merupakan bukti tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela Negara bagi seluruh rakyat Indonesia.
“Mengingat, bela Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, TNI dan Polri semata, namun bela Negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga Negara Indonesia. Apapun pendidikan, latar belakang dan pekerjaan kita, semua memiliki hak, kewajiban dan kesempatan yang sama untuk bela negara. Adapun salah satu wujud nyatanya adalah menjadi anggota Komponen Cadangan Pertahanan Negara,” ucapnya.
Dengan selesainya kegiatan pendidikan dasar kemiliteran ini, ia berharap anggota Komponen Cadangan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing. “Komcad Pertahanan Negara diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktek di lingkungan kerja, masyarakat dan negara dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah dapat mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta atau sishankamrata kepada seluruh komponen lainnya”.
“Komponen cadangan harus siap dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR RI dengan Komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Saudara-saudara sekalian akan bertugas memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” jelasnya.
Kepada para personel Komcad, untuk sebarkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa bangga terhadap tanah air dengan begitu, diharapkan mampu menunjukkan kepada masyarakat dan dunia betapa kuatnya Indonesia.
“Teruslah belajar dan berbuat baik karena tantangan ke depan tidaklah semakin ringan, junjung tinggi dan jagalah nama baik Komponen Cadangan Pertahanan Negara. Selain itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pelatih, penyelenggara di beberapa Rayon dan Kodam baik untuk Matra Darat, Matra Laut maupun Matra Udara serta pihak-pihak pendukung lainnya. Semoga sinergi dan kolaborasi ini memberikan dampak positif bagi penguatan pertahanan Negara,” kata Pangdam saat membacakan amanat Menhan RI.
Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para unsur Forkopimda Papua Barat, para pejabat Kodam dan PJU Polda Papua Barat, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari serta pengurus dan masyarakat yang merupakan sanak keluarga dari para mantan siswa Komcad Kodam XVIII/Kasuari. (rls/red)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.