Data SAIK+ Sudah Dapat Diakses Masyarakat Kampung

0

SORONG,KLIKPAPUA.com- Program SAIK+  sudah dapat diakses masyarakat di kampung. Saat musyawarah sudah bisa di pakai didalam perencanaan pembangunan dari kampung, kelurahan, distrik dan selanjutnya ke kabupaten di Papua Barat.

Dalam musrembang tingkat kabupaten data didalam SAIK+ sudah bisa di baca dengan baik, baik itu data pendidikan, kesehatan dan jumlah Orang Asli Papua (OAP) dan non OAP.

“SAIK+ juga diharapkan bisa menjadi suatu program untuk memecahkan suatu masalah terkait data penduduk baik itu OAP maupun non OAP,” ungkap Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Provinsi Papua Barat Legius Wanimbo saat ditemui wartawan di Vega Hotel Sorong, Senin (28/2/2022).

Menurutnya, program SAIK+ dapat mengatasi masalah yang ada di tingkat kampung, kelurahan, distrik dan juga kabupaten di Provinsi Papua Barat, dapat diselesaikan dengan baik melalui musrenbang kabupaten yang ada dan diharapkan melalui data SAIK+ ini salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah data yang dihadapi, apalagi masalah Otsus selama ini.

“Kita harapkan mulai tahun 2022 ini perencanaan otsus itu betul-betul berbasis data melalui SAIK+, sehingga tepat sasaran, tepat orangnya, program dan lokasi dapat dicapai,” harapnya.

Melalui News Cafe, Legius yakin, melalui peran media sebagai corong pembangunan, hal-hal yang belum diakses misalnya target  didalam data dirapkan SAIK+ kabupaten/kota dapat tercapai. “Karena itu sangat wajib, sebab diamanatkan didalam UUD Otsus nomor 2 tahun 2021. Ini menjadi salah satu indikator usul alokasi dana otsus adalah data jumlah asli orang Lapua tetapi juga data penduduk pada umumnya,” tandasnya.

Ia berharap di data SAIK+ setiap kabupaten/kota ini dapat terpenuhi, sehingga terus didorong bersama-sama Pemerintah Kabupaten/ Kota, Distrik bahkan Kota. “Semuanya harus memenuhi data SAIK+ 100 persen. Jadi kedepan kita tidak hanya melakukan pembangunan saja tetapi juga memberikan manfaat,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.