Wabup Hasbulla Ajak Warga Kaimana Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

0

KAIMANA,KLIKPAPAPUA.com– Wakil Bupati  Kaimana, Hasbulla Furuada mengajak seluruh lapisan masyarakat Kaimana, untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan dengan baik dan benar, sehingga tidak berada pada barisan orang-orang yang golput.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kaimana saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan sidang pertama tahun 2024 di Gedung DPRD Kaimana, Senin (22/1/2024).

Dikatakan, pada 14 Februari tahun 2024, kita semua diperhadapkan dengan agenda nasional yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

“Pada tahun yang sama pula, kita akan melakukan pemilihan Kepala Daerah yakni Gubernur, Bupati dan Walikota. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat bersama TNI-Polri dan pemangku kepentingan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan berlangsung,” katanya.

“Sehingga Penyelenggara Pemilu dapat melaksanakan tahapan pemilu secara langsung,umum,bebas rahasia, jujur dan adil,” tambahnya.

Sebagai pemerintah daerah, Wabup berharap agar komitmen dan sinergitas yang terjalin secara baik, bersama seluruh Forkopimda, TNI-Polri, Lembaga Adat dan masyarakat bisa ditingkatkan dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Kaimana.

Terpisah, Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie, dalam arahannya mengatakan, pemilu serentak pada 14 Februari nanti, tentu banyak hambatan, tantangan dan ancaman yang dihadapi dalam upaya mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Dengan dinamika serta beberapa masalah yang berkembang sampai dengan saat ini yakni, teknis persiapan pemilu, partisipasi pemilih, transparansi, tata kelola pemilu yang akuntabel, praktek money politik, netralitas ASN, TNI-Polri dan penyebaran kabar hoaks,” jelasnya

Kapasitas Bawaslu selaku pengawas pemilu, diharapkan lebih meningkatkan kualitas pencegahan dan pengawasan pemilu yang inovatif dengan mengutamakan kualitas penindakan pelanggaran dan penyelesaian sangketa pemilu yang progresif, cepat dan sederhana serta melibatkan masyarakat dalam pengawasan partisipatif. “Sehingga mengurangi segala bentuk kecurangan yang dapat mencederai pemilu 2024,” tutupnya.(Lau)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.