Vicon Rapat Paripurna LKPJ, Bupati kepada DPRD Laporkan IPM 2019 Naik 64,59% 

0
148
Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, Selasa (28/4/2020) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2019 dalam Rapat Paripurna DPRD Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM–Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, Selasa (28/4/2020) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2019 dalam Rapat Paripurna DPRD Kaimana. Rapat yang digelar menggunakan sarana komunikasi Video Converence (Vicom) ini dipimpin Ketua DPRD Irsan Lie, serta dihadiri belasan anggota DPRD Kaimana.
Dari kantornya, Bupati Kaimana menyebut, terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kaimana pada Tahun 2019. IPM dimaksud mengalami peningkatan 64,59% atau naik sebesar 0,5% dari 63,67% pada tahun 2018.Perkembangan ini lanjutnya, terutama dipengaruhi oleh adanya peningkatan komponen Angka Melek Huruf, Angka Harapan Hidup, Rata-rata Lama Sekolah dan Paritas Daya Beli.
Komponen Angka Harapan Hidup mengalami sedikit kenaikan, dimana pada Tahun 2018 sebesar 64,35 meningkat menjadi 64,64 di Tahun 2019.Sementara Angka Melek Huruf pada tahun 2019 mencapai 97,49%, naik 0,5% dibandingkan capaian pada Tahun 2018 yang sebesar 96,99%. Komponen Rata-rata Lama Sekolah pada tahun 2019 mencapai 8,08 atau mengalami peningkatan sebesar 0,01 poin dibandingkan Tahun 2018 yang sebesar 8,09.
Dikatakan, capaian yang diperoleh tidak semata-mata kerja pemerintah daerah, melainkan merupakan hasil kerjasama dengan DPRD sebagai lembaga penyelenggara pemerintahan di daerah dan tentu juga dengan dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Kaimana.
Ditegaskan, capaian pembangunan harus dilihat sebagai sebuah kesatuan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kita sering terjebak dalam melihat hal ini.
Banyak diantara kita lanjutnya, yang memahami pembangunan dalam wujud pengadaan infrastruktur (output) namun seringkali mengabaikan outcome-impact/dampak atau kemanfaatan dari pembangunan yang dilaksanakan.“Contoh, pembangunan jalan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam beberapa tahun terakhir ini harus dilihat secara jangka panjang, bagaimana infrastruktur yang disediakan oleh Pemerintah Daerah bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kawasan dan pembangunan ekonomi. Sejak zaman kapanpun, hanya ketersediaan jalan yang akan memastikan terbukanya akses dan pengembangan kawasan secara menyeluruh,” ungkapnya.
Dalam penyampaian LPKJ ini, Bupati didampingi Wakil Bupati Ismail Sirfefa, S.Sos,MH, Sekretaris Daerah Rita Teurupun, serta sejumlah Asisten dan Pimpinan OPD.
Hadir pula Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Pomalanthon Budiaraja Tambunan, Kapolres Kaimana AKBP Iwan P. Manurung, SIK serta unsur Forkopimda lainnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.