Unipa Sosialisasi Program Studi Pasca Sarjana ke ASN Kaimana

0
57
Rektorat Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Papua (Unipa) melakukan Sosialisasi Program Studi Pasca Sarjana kepada ASN Lingkup Pemkab Kaimana, Selasa (14/6/2022).
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Rektorat Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Papua (Unipa) melakukan Sosialisasi Program Studi Pasca Sarjana kepada ASN Lingkup Pemkab Kaimana, Selasa (14/6/2022).
Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menjaring minat para ASN Kaimana melanjutkan pendidikan S2 dan S3 pada Universitas Papua, baik melalui pola kelas kerjasama dengan Pemerintah Daerah, maupun jalur mandiri bagi ASN maupun untuk kalangan umum.
Hadir melakukan sosialisasi, Direktur Pasca Sarjana Prof. DR.Ir. Barahima Abbas, M.Si, Ketua Prodi S2 Pertanian DR. Ir. Nouke L. Mawikere, M.Si, Sekretaris Prodi S2 Ilmu Lingkungan DR. Yunike, M.Si, staf Tata Usaha, serta didampingi pula oleh mantan Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa.
Dalam sosialisasi yang dihadiri Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada, SP dimaksud, pihak Unipa diwakili pemateri DR. Ir. Nouke L. Mawikere, M.Si memaparkan, ada 7 program pasca sarjana yang terdapat di Universitas Papua.
Satu diantaranya merupakan Program Doktoral yakni S3 Ilmu Lingkungan, sedangkan 6 lainnya merupakan program Magister yang terdiri dari; S2 Pertanian, S2 Peternakan, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Kehutanan, S2 Sumberdaya Akuatik dan S2 Biologi.
Dari 7 program studi ini, dua diantaranya yakni program S3 Ilmu Lingkungan dan S2 Ilmu Lingkungan dapat mengakomodir semua calon mahasiswa dari semua dari jurusan atau disiplin ilmu apapun.
Sementara sistim perkuliahan yang akan diterapkan adalah offline dan online. Offline adalah kuliah tatap muka di kampus Manokwari atau perkuliahan kelas kerjasama dimana para dosen akan mendatangi daerah yang sudah meneken perjanjian kerjasama seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan. Sedangkan kuliah full online diperuntukan bagi mahasiswa diluar Manokwari atau yang jauh dari kampus utama.
Sebelumnya, Direktur Pasca Sarjana Unipa, Barahima Abbas saat menyampaikan pengantar sosialisasi berharap agar Pemerintah Kabupaten Kaimana berkenan menjalin kerjasama dengan pihak Unipa dalam menyiapkan sumber daya manusia aparatur yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya.
Ia juga berharap, agar selain ASN Lingkungan Pemda, ada pula guru-guru yang mau memanfaatkan kesempatan ini, termasuk kalangan umum yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S2 atau S3 melalui jalur mandiri.
Dijelaskan, perkuliahan S2 pada Universitas Papua ini akan ditempuh selama kurang lebih 2 tahun atau 4 semester, namun karena dibenarkan oleh aturan, perkuliahan bisa dipercepat menjadi satu tahun dengan jadwal yang padat.
Kehadiran pihak Unipa mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Kaimana yang diwakili Wakil Bupati Hasbulla Furuada dan para pimpinan OPD. Wakil Bupati dalam arahannya mengatakan, tugas pemerintah adalah melayani seluruh masyarakat.
Untuk memberikan pelayanan yang baik, Pemerintah Daerah membutuhkan sumber daya aparatur yang terlatih melalui pendidikan formal. Untuk itu, sosialisasi yang diadakan pihak Unipa ini, diharapkan menjadi referensi bagi ASN yang berminat mengikuti pendidikan formal kelas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kaimana dengan Unipa.
Disisi lain lanjut Wabup, sosialisasi ini juga merupakan embrio dan cikal bakal dalam mensukseskan misi pertama Pemerintah Kabupaten Kaimana periode 2021-2026 yaitu meningkatkan kualitas SDM, termasuk sumber daya aparatur di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Kaimana. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.