SMPN 4 Sisir Manfaatkan Kebun Sekolah untuk Budidaya Sayuran

0
57
Tampak Kepala Sekolah dan siswa SMPN 4 Sisir, Distrik Kaimana di kebun sayur milik mereka.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Kreatif, Inovatif dan Visioner, tiga kata ini pantas disematkan pada guru dan siswa SMP Negeri 4 Kaimana. Mereka acapkali memanfaatkan waktu luang ditengah kesibukan belajar untuk melakukan hal baru yang bertujuan mengembangkan kreatifitas.

Di antaranya, selain mendirikan honai dan menata taman sebagai wadah untuk menumbuhkan motivasi belajar, menciptakan produk kerajinan seperti rajutan noken dan topi, juga ikut terlibat dalam budidaya sayur-mayur di kebun sekolah.

Bartjelina Amelia Ojanggai, S.Pd, Kepala SMPN 4 Kaimana ini saat dikonfirmasi, baru-baru ini mengatakan, tujuan penanaman sayur dimaksud, selain untuk memanfaatkan lahan kosong, juga untuk memenuhi kebutuhan pangan asrama.

Kebun dimaksud dikelola oleh tukang kebun, namun pada hari Sabtu, ketika ada waktu luang, guru dan siswa juga turut melakukan pembersihan. Selain itu, pekerjaan kebun juga turut dipantau oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kampung Sisir.

Jenis sayuran yang ditanam lanjutnya, beragam, diantaranya; sayur kol, bayam, kangkung, terung, tomat, sawi, kacang panjang, ditambah sayuran dan produk pertanian lokal seperti sayur gedi, kasbi (singkong), petatas dan keladi.

“Intinya kami ingin agar lahan kosong itu bisa dimanfaatkan dengan menanam sayur dan lainnya. Dengan harapan hasil kebun bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan asrama. Ada tukang kebun yang kelola, tapi biasanya setiap Sabtu atau ketika ada waktu luang, kami guru dan anak-anak terlibat untuk bersihkan. Petugas PPL Kampung Sisir ikut pantau,” ujar Bartjelina.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.