Setoran Pajak Penerangan Jalan dari PLN ke Kasda Setiap Bulan Capai 120 Juta

0
163
Managemen PLN Kaimana saat rapat dengar pendapat dengan DPRD.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Setoran Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari PT. PLN Kaimana ke Kas Daerah (Kasda) dari potongan pulsa prabayar warga adalah sebesar 120 Juta lebih setiap bulan.
Hal ini disampaikan Supervisor Pelayanan PT. PLN Rayon Kaimana, Muhamad Taher ketika mendampingi Manager PLN Kaimana menghadiri rapat dengar pendapat  (RDP) dengan DPRD Kaimana, Rabu (26/8/2020).
Penjelasan PLN Kaimana ini sekaligus menanggapi pertanyaan anggota DPRD Yehadi Alhamid terkait adanya pemotongan biaya yang cukup besar ketika warga melakukan pembelian pulsa listrik.
Muhamad Taher lebih jauh menjelaskan, biaya yang dipotong pada saat pembelian pulsa pra bayar adalah untuk PPJ, yang disetor kepada Pemerintah Daerah. Besarnya pemotongan bervariasi, sesuai dengan daya listrik yang digunakan. “Jadi PPJ ini kembali lagi ke Pemerintah Daerah. Kalau kita di Kaimana setiap bulan setor ke Pemda itu sekitar 100 Jutaan. Mungkin lebih lengkapnya tanyakan ke bagian pendapatan daerah,” ungkap Taher.
Terpisah, Kepala Bapenda Kaimana, La Bania, S.Sos ketika dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan, adanya setoran PPJ dari PLN ke kas daerah yang dilakukan setiap bulan.
Berdasarkan catatan yang tertera dalam Simda Pendapatan lanjutnya, jumlah setoran bervariasi dengan angka minimal setiap bulan mencapai 120 Juta. Dana ditransfer langsung di Kas Daerah dari Kantor PLN Wilayah Papua.
Untuk tahun 2020, total setoran PPJ dari Januari hingga Mei mencapai Rp.630.751.596. “Ini berdasarkan data yang kita terima dan telah dicatat di Simda pendapatan setelah uangnya masuk. Januari 130 Juta, Februari 127 Juta, Maret 120 Juta, April 127 Juta, Mei 125 Juta,” terang La Bania.
Ditambahkan, dana tersebut ditransfer langsung ke kas daerah, sedangkan Bapenda Kaimana hanya menerima bukti penyetoran dan rincian biaya. “Laporan yang mereka kirim ini berdasarkan uang yang sudah ditransfer ke kas daerah. Karena mereka transfer langsung, pencatatan di kita itu berdasarkan nota kredit bank,” tutupnya. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.