Pilkada Kaimana Berjalan Aman dan Lancar

0
114
Suasana penghitungan suara di salah satu TPS dalam wilayah Kota Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana Tahun 2020, Rabu (9/12/2020) yang dilaksanakan serentak bersamaan dengan ratusan daerah lainnya di Indonesia berlangsung aman dan lancar. Pilkada kali ini melibatkan dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yakni Freddy Thie-Hasbulla Furuada (Terkabul) dan Rita Teurupun-Leonardo Syakema (Risma).
Terkabul sendiri diusung 6 partai politik dengan 12 kursi di DPRD Kaimana yakni; Partai Demokrat (3), Partai Golkar (4), Partai Persatuan Pembangunan (2) dan Partai Amanat Nasional, Partai Gerindra dan Partai Hanura masing-masing 1 kursi. Sedangkan Risma diusung 2 partai politik dengan 8 kursi di DPRD Kaimana yakni; Partai Persatuan Demokrasi Indonesia Perjuangan (6) dan Partai Nasional Demokrat (2).
Sesuai pantauan, pelaksanaan pemungutan suara terutama yang berlangsung di 76 TPS yang tersebar di Kelurahan Kaimana Kota, Kelurahan Krooy, Kampung Trikora dan Kampung Coa berlangsung aman dan lancar. Para pemilih antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suara sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
Sementara di TPS, seluruh tahapan pemungutan suara sendiri berlangsung cukup ketat dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain para petugas yang tampak mengenakan perlengkapan pencegahan Covid-19, para pemilih juga diwajibkan menjalani protokol kesehatan sebelum menggunakan hak pilih, diantaranya mencuci tangan, mengenakan sarung tangan dan mengecek suhu tubuh.
Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti siapa pemenang dari pertarungan ini karena masih menunggu penetapan KPU. Namun berdasarkan hasil penghitungan suara sementara dari beberapa TPS, pasangan nomor urut 1 Freddy Thie dan Hasbullah Furuada masih unggul dibanding Rita Teurupun-Leonardo Syakema.
Freddy-Hasbulla sendiri bahkan sudah mendeklarasikan kemenangannya bersama para pendukung di Posko induk Jalan Utarom, Kaki Air Kecil. Namun kemeriahan yang sama juga terjadi di rumah juang Sekretariat DPC PDIP yang juga merupakan posko induk pemenangan Risma. Tampak ratusan pendukung Risma berkumpul di tempat ini sejak berakhirnya penghitungan suara sementara di tingkat TPS. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.