Pengelola SD dan SMP di Kaimana Ikut Pelatihan Penggunaan ARKAS

0
82
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Dipusat di Graha Santo Martinus Kaimana, 7-9 April 2021, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Kaimana melaksanakan pelatihan Aplikasi Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (ARKAS) melibatkan kepala sekolah, bendahara dan operator komputer tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Kaimana.
Pelatihan yang menghadirkan dua Widyaiswara dari LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Papua Barat dimaksud, dibuka Pelaksana Tugas Kepala Dinas PPO Kaimana, Yulius Nanay, S.Pd,M.Pd.
Kepala Dinas PPO Yulius Nanay saat dikonfirmasi mengatakan, pelatihan aplikasi rencana anggaran kegiatan sekolah ini, sangat penting dan diperlukan agar proses pelaporan terkait pemanfaatan dana di sekolah kedepannya berjalan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.
Diakui, aplikasi rencana anggaran kegiatan sekolah yang diperkenalkan, sangat membantu pihak sekolah terutama bendahara dan operator komputer, dalam menyusun laporan penggunaan anggaran sehingga selain mudah dipahami, juga mudah dipertanggungjawabkan.
Oleh karenanya, Yulius berharap, melalui pelatihan Arkas yang melibatkan pengelola pendidikan tingkat SD dan SMP, penyusunan laporan keuangan pada setiap sekolah, termasuk laporan penggunaan dana BOS bisa lebih tertata secara baik.
“Bendahara bisa melaporkan penggunaan dana sebaik mungkin sesuai dengan Arkas yang dibuat. Arkas ini sangat membantu pihak sekolah untuk mengatur bagaimana memanfaatkan anggaran dan membuat laporan. Harus sinkron antara penggunaan dana dan laporan, jangan sampai penggunaan dan laporannya berbeda,” sebutnya.
Menutup pernyatannya, ia meminta para penyelenggara pendidikan, baik di dinas maupun di sekolah SD maupun SMP, agar bekerja lebih maksimal lagi, mengingat belakangan ini kinerja bidang pendidikan mendapat sorotan dan penilaian negatif dari masyarakat. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.