LPTQ Kaimana Mulai Bersiap Diri Hadapi MTQ Provinsi di Sorsel

0
28
KAIMANA,KLIKPAPUA.com— Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kaimana mulai melakukan penjaringan Qori-Qoriah dan Hafizh-Hafizah potensial untuk dibina dalam rangka persiapan menghadapi MTQ ke-IX tingkat Provinsi Papua Barat di Sorong Selatan Tahun 2022 mendatang.
Penjaringan dilakukan melalui pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Kaimana, yang dibuka Bupati Kaimana Freddy Thie dan diawali pengukuhan panitia dan juri oleh Ketua LPTQ Kaimana Abdul Rahim Furuada, Jumat lalu.
MTQ tingkat Kabupaten Kaimana ini sendiri diikuti oleh 270 peserta yang merupakan delegasi dari LPTQ tingkat Distrik Kaimana, Distrik Teluk Arguni, Distrik Aguni Bawah, Distrik Buruway dan Distrik Teluk Etna.
Adapun cabang lomba yang akan diperebutkan dalam MTQ dimaksud adalah; Tilawah, Tahfizh, Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an. Untuk memotivasi para peserta, LPTQ Kabupaten Kaimana menyiapkan sejumlah hadiah, serta trophy bergilir Bupati Kaimana.
Bupati Kaimana pada pembukaan kegiatan mengatakan, kegiatan MTQ ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia.
Di Kabupaten Kaimana lanjutnya, MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, guna menjaring para Qori dan Qoriah yang selanjutnya akan mengikuti pembinaan menghadapi MTQ tingkat Provinsi Papua Barat.
Bupati berharap melalui MTQ ini, umat Islam di Kabupaten Kaimana mampu menghidupkan rasa cinta kepada nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Quran. “Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak saudara-saudari yang beragama Islam di Kabupaten Kaimana untuk mari hidupkan rasa cinta kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran,” ungkapnya.
Dikatakan, masyarakat di Kabupaten Kaimana merupakan masyarakat yang menjunjung tinggi adat dan adab, sehingga terbentuklah masyarakat yang religius dan memiliki kemampuan untuk menjadikan anggota keluarga dan orang-orang di sekitar tempat tinggalnya, sebagai orang-orang yang memiliki integritas dan kapabilitas.
Saat ini ungkap Bupati, pemerintah sedang mendorong terbangunnya solidaritas dan rasa toleransi antar umat beragama di Kabupaten Kaimana demi terwujudnya nilai-nilai kebersamaan. Bupati juga berharap agar umat Islam di Kabupaten Kaimana bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan.
“Dengan demikian sudah sepantasnya toleransi umat beragama di Kabupaten Kaimana harus kita dukung dan kita tingkatkan agar bisa memberikan sumbangan nyata bagi terciptanya suasana yang aman, damai dan harmonis,” ujar Bupati. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.