Kodim Kaimana Gunakan Absensi Elektronik Barcode Rancangan SMKN 2

0
362
Dandim 1804 Kaimana, Letkol Inf. Sabdono Budi Wiryanto.

KAIMANA, KLIKPAPUA.COM– Absensi elektronik barcode yang saat ini digunakan SMK Negeri 2 Kaimana untuk mendisiplinkan siswa-siswi, juga digunakan Kodim 1804 Kaimana. Kodim menggunakan absensi jenis ini untuk memantau kehadiran anggota. Sejak digunakan, tingkat kehadiran dan kedisiplinan anggota semakin membaik.

Dandim 1804/Kaimana Letkol Inf. Sabdono Budi Wiryanto menyampaikan ini saat ditemui di halaman Polres Kaimana, Rabu (10/7) lalu. Menurut Dandim, absensi elektrik barcode ini merupakan hasil kerjasama pihaknya dengan SMKN 2.

“Kita sudah mulai gunakan sejak sebulan lalu. Pembuatannya kita kerjasama dengan SMK Negeri 2. Kita minta tolong mereka biar sama, karena ini ide bagus kenapa tidak kita manfaatkan dengan membnagun kerjasama untuk mendesainnya,” ungkap Dandim usai menghadiri syukuran HUT Bhayangkara ke-73.

Diakui, penggunaan absensi elektrik barcode sangat membantu pihaknya, karena selain lebih efektif ketimbang menggunakan absensi manual (kertas-pena), juga membantu pihaknya melakukan pemantauan bagi terhadap kehadiran maupun kedisiplinan anggota.

“Alat ini bagus. Anggota saya yang jarang masuk, dari pada kita tindak keras lebih baik ditindak secara halus dengan absensi ini. Tetapi selama ini respon mereka cukup positif. Ada itikad baik untuk datang tempel id card di absensi. Sebelumnya kita absensi manual pakai sidik jari yang memungkinkan untuk dimanipulasi. Tapi sekarang ini jauh lebih aman dengan absensi barcode,” pungkasnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.