Golkar Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati-Wabup Kaimana

0
87
Tim seleksi Partai Golkar menyerahkan berkas kepada salah satu tim pemenangan pasangan calon.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Partai Golongan Karya menjadi partai terakhir di Kaimana yang membuka peluang pendaftaran bagi Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati yang akan bertarung pada Pemilukada Kaimana September 2020 mendatang. Pendaftaran dijadwalkan berlangsung 13-18 Januari 2020.
Sesuai pantauan di Sekretariat DPD Partai Golkar Jalan Raya Utarom, sama seperti pada pendaftaran di partai lain sebelumnya, pengambilan formulir pendaftaran ini tidak dilakukan sendiri oleh bakal calon, tetapi melalui tim pemenangan masing-masing.
Sebelum pukul 11.00 WIT, sudah ada 6 tim pemenangan yang mengambil formulir. Mereka merupakan perwakilan dari Bakal Calon Bupati Ismail Sirfefa, Abdul Rahim Furuada, Freddy Thie, Melkisedek Waita, Hakim Aituarauw dan Frans Amerbay. Sementara Rita Teurupun dan Burhan Ombaer yang sebelumnya juga ikut mendaftar di partai lain dikabarkan akan menyusul.
Ketua Tim Seleksi, Barend Rumi saat dikonfirmasi menjelaskan, pendaftaran dibuka selama sepekan dan akan ditutup pada 18 Januari 2020. Persyaratan bagi pendaftar sudah disiapkan, dimana dari partai menyiapkan 10 berkas yang harus dilengkapi, diluar dari SKCK dan surat keterangan kesehatan yang juga wajib dipenuhi bakal calon.
Terkait jadwal verifikasi, Barend Rumi jelaskan, verifikasi berkas bakal calon akan dilaksanakan bersamaan saat pendaftaran. Hal ini dilakukan mengingat interval waktu yang disediakan untuk pendaftaran yang sangat singkat. “Untuk verifikasi berkas kita lakukan bersamaan dengan pendaftaran, artinya sambil menerima pendaftaran sambil melakukan verifikasi berkas. Ini karena waktunya sangat singkat. Tapi tim seleksi sendiri cukup siap,” terangnya.
Ditanya tentang calon internal Partai Golkar, Ketua Harian DPD Partai Golkar Kaimana ini menjelaskan, pendaftaran bersifat terbuka untuk umum dan apabila ada kader Golkar yang ingin mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil bupati maka tetap melalui mekanisme pendaftaran. “Ini sifatnya terbuka untuk umum. Tidak ada calon khusus dari internal yang kami siapkan, tetapi apabila ada maka harus tetap melalui mekanisme pendaftaran,” ungkapnya.
Ditambahkan, dari hasil verifikasi bakal calon ini, akan diambil 4 nama yang akan diusulkan ke tingkat provinsi, untuk kemudian oleh DPD Golkar Provinsi Papua Barat melanjutkan ke tingkat DPP. “Dari hasil verifikasi nanti kita akan ambil 4 nama untuk diusulkan ke tingkat atas. Kita liohat perkembangan saja, apakah partai akan mengusung calon sendiri atau berkoalisi,” ujarnya menanggapi pertanyaan terkait kemungkinan Partai Golkar mengusung calon sendiri. |IW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.