Dinas PPO Kaji Pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga

0
69
Kosmas Sarkol, Kepala Dinas PPO Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM Menindaklanjuti saran Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Rita Teurupun, saat ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Kaimana tengah melakukan evaluasi dan kajian terhadap pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga sekaligus mengakomodir usulan masyarakat.

Dinas akan terlebih dahulu melihat tingkat kebutuhannya, untuk selanjutnya jika kehadiran Dinas Pemuda dan Olahraga benar-benar dibutuhkan akan direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk dipertimbangkan pembentukannya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PPO Kaimana, Kosmas Sarkol, S.Pd,M.Hum saat ditemui di Halaman Kantor Bupati Kaimana, Jumat (8/11/2019). Dikatakan, evaluasi dan kajian terhadap pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga diperlukan agar keberadaannya kelak benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami bersama teman-teman akan melihat kembali. Tujuannya supaya pembentukan OPD ini tidak menimbulkan persoalan. Selain melihat sejauhmana institusi ini dibutuhkan, kami juga tentu harus melihat apa saja yang tetap menjadi tanggungjawab dinas pendidikan dan apa yang bisa dipisahkan sebagai bagian dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Karena ada sebagian kegiatan kepemudaan wajib ada dalam Dinas Pendidikan,” terang alumni magister hukum Universitas Sanata Dharma Jogjakarta ini.

Menurutnya, pemisahan bidang pemuda dan olahraga dari bidang pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kaimana memang sangat dibutuhkan agar upaya pembinaan terhadap pemuda dan olahraga bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Bidang pemuda lanjutnya, dalam implementasinya bisa berkolaborasi dengan KNPI.

“Pemisahan ini memang penting supaya pembinaan kepemudaan dan pengembangan bakat di bidang olahraga bisa dilaksanakan dengan maksimal. Tapi memang kita harus cermat karena ada kegiatan pemuda yang melibatkan anak-anak sekolah. Hal-hal seperti ini yang perlu dikaji lebih dalam sebelum Dinas Pemuda dan Olaharaga berdiri sendiri,” ujarnya. (iw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.