177 Putra-Putri Terbaik Kaimana Siap Ikut Seleksi Bintara Polda Papua Barat

0
53
177 putra-putri yang dinyatakan lolos seleksi administrasi penerimaan calon Bintara Polri yang dilaksanakan Polres Kaimana. (Foto: klikpapua)
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Sedikitnya 177 putra-putri terbaik dinyatakan lolos seleksi administrasi penerimaan calon Bintara Polri yang dilaksanakan Polres Kaimana. Mereka akan berjuang merebut 234 kursi Polri yang merupakan kuota Polda Papua Barat.
Sebanyak 177 calon Bintara Polri baik Bintara PTU, Bintara TI dan lainnya ini, telah bertolak ke Manokwari menggunakan KM Tidar pada Selasa (19/4/2022), untuk mengikuti seleksi lanjutan di Polda Papua Barat.
Kapolres Kaimana melalui Bamin Subbag Binkar Bagian SDM Polres Kaimana yang juga selaku Panitia Bantauan Penerimaan Polri Polres Kaimana, Briptu Risdiyati Lahusi ketika dikonfirmasi menjelaskan, 177 peserta seleksi yang diberangkatkan ini sudah memenuhi syarat administrasi.
Mereka terdiri dari; 132 calon peserta seleksi Bintara PTU, 1 calon Bintara Bakomsus Labfor, 2 calon Bintara Kesehatan, 8 calon Bintara Logistik, 21 calon Bintara Bakomsus TI, 12 calon Brimob dan 1 calon Polairud.
“Yang gugur dan dinyatakan tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan Polda dan juga Mabes itu 23 Bintara PTU, 1 Bintara Labfor, 2 Bintara Kesehatan, 2 Bintara Logistik, 2 Brimob. Alasannya ada yang tidak hadir saat seleksi, tidak penuhi kewajiban vaksin lengkap 1 dan 2, tinggi badannya kurang dan ada juga yang umur sudah lewat,” terang Briptu Risdiyati, Selasa.
Ditanya apakah ada kuota khusus untuk Polres Kaimana, Risdiyati tegaskan, untuk tahun ini tidak ada jatah khusus untuk Polres Kaimanaseperti yang terjadi tahun lalu. Namun berdasarkan hasil Vicon dengan Kapolda Papua Barat beberapa hari lalu, disebutkan kuota keseluruhan untuk Polda Papua Barat sebanyak 234.
Sehingga 177 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dari Kaimana dan seluruh Polres se-Papua Barat, hanya akan memperebutkan 234 jatah yang sudah ditetapkan untuk Papua Barat.
“Kemarin Vicon dengan Kapolda Papua Barat, beliau tidak menyebut kalau masing-masing Polres punya kuota. Tapi untuk seluruh Papua Barat itu kuotanya 234. Tahun ini juga tidak ada jalur Otsus seperti tahun kemarin. Penerimaannya memang dipisah antara OAP dan non OAP, tingginya juga tetap dipisah. Tapi semuanya untuk memperebutkan 234 kuota untuk Polda Papua Barat. Itu sudah campur Polwan maupun Polri (polisi pria, red),” tambahnya.
Diakui, animo anak-anak Kaimana untuk bergabung dengan Polri sangat tinggi, hal ini terlihat dari jumlah yang mendaftar dan mendatangi Mapolres Kaimana. Untuk itu, ia berharap agar kedepan kuota Polri untuk Papua Barat termasuk Polres Kaimana, ditingkatkan untuk menambah semangat generasi muda Kaimana.(iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.