Gandeng UNIPA,Kodam XVIII/Kasuari Tanam Sayuran di Asrama Mahasiswa

0
83
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Kodam XVIII/Kasuari menggandeng Universitas Papua (UNIPA) Manokwari melaksanakan aksi perdana menanam sayuran, untuk mahasiswa Asrama Bintuni dan Waropen, guna menjamin ketersediaan pangan di masa Pandemic Covid-19.
Aksi menanam sayuran di halaman Asrama Bintuni UNIPA, Jumat (9/4/2021) dilakukan oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, Pangdam Kasuari XVIII Mayor Jendral TNI I Nyoman Catiasa, Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan Winjaya, Rektor UNIPA, DR Ir Meki Sagrim, Perwakilan Kapolda Papua Barat, serta perwakilan Mahasiswa Asrama Bintuni.
Perwakilan mahasiswa UNIPA asrama Bintuni, Philipus Sanusi menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XVIII Kasuari yang telah membantu mahasiswa dalam hal menyediakan pangan di masa Pandemic Covid-19 untuk mahasiswa Asrama Bintuni dan Waropen di Manokwari. “Pangdam sudah banyak membantu kami, bukan hanya penanaman sayuran hari ini, tetapi sebelumnya juga kami diberikan bantuan paket sembako. Saya mewakili teman-teman mahasiswa asrama ini mengucapkan terima kasih,”ucapnya.
Ia juga mengatakan, tanaman sayuran tersebut tentu akan dijaga dan dirawat sehingga berkelanjutan hasilnya terus dinikmati. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita para mahasiswa di dua asrama tersebut. “Saya berharap hubungan silaturahmi ini dapat terus berlanjut, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di tanah Papua, juga NKRI,”harap Sanusi.
Sementara Rektor UNIPA, DR Ir Meki Sagrim memberikan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam yang telah memberikan dukungan penuh kepada UNIPA secara khusus para mahasiswa yang berada di asrama Bintuni dan Waropen.
Selain memperhatikan pangan bagi mahasiswa, Pangdam juga telah memberikan bantuan WiFi yang telah difungsikan di asrama blok 1, 2 dan 3 juga tepatnya dipintu masuk kampus. Yang tentu sangat membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam proses belajar secara daring di masa Pandemic Covid-19.
“Dan hari ini kita dibantu dengan tanaman pangan berupa sejumlah jenis sayuran, ini merupakan perhatian luar biasa yang diberikan Kodam dalam mewujudkan SDM Papua yang baik. Saya ingatkan kepada para mahasiswa agar dirawat dengan baik tanaman ini, jika sudah dipanen maka ditanam lagi supaya bisa di makan kapan saja,”kata Rektor mengingatkan.
Sementara, Pangdam Kasuari XVIII Mayor Jendral TNI I Nyoman Catiasa, mengatakan, kegiatan menanam sayur yang dilaksanakan tersebut sesuai arahan Presiden RI karena menginginkan adanya pembangunan SDM Indonesia yang baik. “Yang sasarannya untuk para generasi mudah seperti adik-adik mahasiswa ini,” katanya.
Menurut Pangdam, Ketahanan pangan adalah faktor penentu ketahanan nasional untuk sebagai garda terdepan dalam membangun bangsa ini. Sejak menjabat Pangdam Papua Barat, kata Nyoman, pihaknya berkomitmen untuk membangun tanah Papua.”Melalui program ketahanan pangan yang dilakukan dengan sasaran kepada mahasiswa, untuk menjamin ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19,”kata Nyoman
Intinya lanjut Pangdam,semua harus berkolaborasi untuk mamajukan SDM di Papua.”Jaga keamanan terus membangun kemitraan baik dengan semua pihak, serta jauhi hal-hal tidak baik yang berhubungan dengan miras juga narkotika serta tindakan kriminal lainnya,” kata Pangdam mengingatkan.
“Mahasiswa untuk terus bekerja keras, karena pasti akan sukses, sehingga bisa bersaing dengan mahasiswa lainnya di tanah Papua maupun lainnya. Supaya tidak tergilas dengan waktu, mahasiswa harus memiliki keunggulan kompetitif, berdaya saing tinggi guna terwujudnya impian dan harapan,” tambah Pangdam. (aa/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.