Buka Pasar Murah di FakFak, Pj Gubernur Sampaikan Pesan Presiden

0

FAKFAK,KLIKPAPUA.com – Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw membuka kegiatan pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Kabupaten FakFak di Kota FakFak, Senin (17/4/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakapolda Papua Barat, Kasdam XVIII Kasuwari, sejumlah pimpinan OPD Provinsi, Bupati Fakfak dan unsur Forkopimda Kabupaten Fakfak, serta warga setempat.

Pemerintah Provinsi Papua Barat menyiapkan 1000 paket sembako untuk pelaksanaan pasar murah di Kabupaten Fakfak, yang dilakukan dalam bulan Ramadhan serta untuk membantu perekonomian warga.

Pj Gubernur Waterpauw dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang persoalan yang saat ini sementara dihadapi oleh Papua Barat yakin kemiskinan ekstrem dan stunting di mana Kabupaten Fakfak adalah salah dari empat daerah yang mengalami peningkatan di tahun 2022.

Untuk menangani persoalan ini, Asisten III Setda Papua Barat, Muhammad Latif telah ditunjuk sebagai ketua tim percepatan penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Pj Gubernur Waterpauw juga menjelaskan tentang kemiskinan ekstrem dan stunting agar masyarakat dapat memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan kemiskinan ekstrem dan stunting.

“Kemiskinan ekstrem itu adalah kemiskinan di bawah kemiskinan biasa yang pengeluarannya hanya per hari hanya mampu sepuluh ribu dan perbulannya hanya tiga ratus ribu, ” ujar Pj Gubernur.

Untuk menangani persoalan ini perlu adanya intervensi dari Pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizi mereka dan perekonomian mereka, dimana Gubernur telah menjadi orang tua asuh bagi anak stunting di Kabupaten Bintuni.

” Untuk menangani hal ini perlu adanya intervensi dari pemerintah , pemerintah provinsi telah mendeklarasikan penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem, saya sendiri telah menjadi orang tua asuh bagi anak stunting di Bintuni, ” ujarnya.

Penerbangan pola orang tua asuh adalah salah satu cara untuk penanganan stunting di mana untuk penanganan stunting ini tidak bisa dilakukan secara cepat namun harus berkelanjutan.(rls)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.