LUMAJANG,KLIKPAPUA.com – Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Kota Sorong langsung menyalurkan donasi warga Sorong-Papua Barat, ke tempat pengungsian erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur, Kamis dan Jumat (23-24/2021).

Ketua Umum Ikaswara Kota Sorong, Tupono menerangkan bahwa donasi Ikaswara peduli erupsi Semeru yang digalang melalui rekening Ikaswara, donasi turun kejalan pengurus Ikaswara dan donasi dari perkumpulan kerukunan dibawah naungan Ikaswara, kerukunan di luar Ikaswara, Majelis Taklim, Sekolah, Jamaah masjid dan simpatisan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Hasil pengumpulan Donasi untuk Ikaswara Peduli Erupsi Semeru selama beberapa hari itu, mencapai angka yang fantastis dan telah terkumpul sejumlah Rp. 156.595.960,- (Seratus lima puluh enam juta lima ratus sembilan puluh lima ribu sembilan ratus enam puluh rupiah),” ujar Tupono di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (24/12/2021).

Sementara kordinator bidang Sosial Ikaswara, Sutrisno, Bendahara Umum Ikaswara, Budi Raharjo, Kordinator Humas Ikaswara Ahmad Kurniawan dan anggota Humas Ikaswara Kota Sorong, Olha Mulalinda berkesempatan menyerahkan secara langsung donasi warga Kota Sorong kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kampung Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pantauan media ini, sejumlah warga masih terlihat tinggal di tempat pengungsian. Sejumlah Posko tegap berdiri disejumlah titik terdampak erupsi Gunung Semeru.

Keempat pengurus perwakilan Ikaswara tersebut langsung turun ke lapangan untuk menyerahkan donasi kepada sejumlah keluarga Ikaswara Kota Sorong yang terdampak erupsi yang sebelumnya telah didata oleh pengurus Ikaswara. Hal ini dilakukan agar tepat sasaran kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Ditambahkan oleh Ketua Umum, Tupono bahwa penyaluran donasi berupa uang tunai disalurkan kepada 28 KK Keluarga Ikaswara Kota Sorong yang keluarganya terdampak erupsi. Selain kepada 28 KK, pengurus Ikaswara juga menyiapkan donasi kepada warga yang membutuhkan bekerja sama dengan sejumlah posko bantuan kemanusiaan di Semeru.

Kegiatan di atas situasional, siapa yang membutuhkan langsung diberikan untuk kebutuhan yang lainnya. Karena kalau kebutuhan pangan, pakan dan papan, bisa dari Pemerintah daerah. Kami membantu untuk memenuhi kebutuhan lainnya,inilah bentuk kepedulian warga Kota Sorong kepada saudara-saudara kita di Lumajang,” ujar Tupono.

Ia berharap bantuan donasi yang disalurkan dan disampaikan langsung kepada korban erupsi Gunung Semeru dapat bermanfaat dan terima Kasih Ia ucapkan kepada empat orang pengurus yang dengan sukarela menyampaikan amanah warga Kota Sorong kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.