46 Kasus DBD Serang Kaimana

0
278
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana Arifin Sirfefa, SKM,MM
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM– Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana menyebutkan ada 46 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kaimana sejak 1 Januari hingga 5 Maret 2020. Kasus ini menyerang anak-anak dan orang dewasa, yang sebagian menjalani rawat inap di rumah sakit, sebagian lagi rawat jalan.
Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana Arifin Sirfefa, SKM,MM saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (9/3/2020). Menurut Arifin, berdasarkan laporan resmi pihak Rumah Sakit menyebutkan, ada 46 warga di Kabupaten Kaimana yang terserang DBD.
“Sementara ini berdasarkan data yang kami terima ada 46 warga yang positif  terkena DBD. Itu berdasarkan laporan dari pihak rumah sakit. Ini data dari tanggal 1 Januari sampai tanggal 5 Maret 2020. Jumlah 46 positif DBD ini ada yang dirawat di rumah sakit dan ada juga sebagian yang rawat jalan,” terang Kadis Arifin.
Senada, Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kaimana, Heni Moning, juga mengatakan data DBD yang terhimpun saat ini berjumlah 46 kasus. Data tersebut mengalami peningkatan pada bulan Februari, bertepatan dengan musim hujan.
Diakui, tahun ini jumlah DBD mengalami peningkatan dari tahun 2019. Pihak Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RSUD dan pos pelayanan kesehatan lainnya terus berupaya melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan fogging (pengasapan).
“Setelah mengetahui ada warga yang terserang DBD, kami langsung mengambil langkah dengan melakukan fogging di beberapa titik terutama di lokasi yang sering terjadi genangan air,” terang Heni.
Ditambahkan, selain melakukan fogging, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan, baik langsung maupun melalui media massa, serta membagikan abate disetiap rumah warga.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.