KPU Mansel Buka Posko Pindah Memilih untuk Pilkada 2024, Catat Syaratnya!

0
KPU Kabupaten Mansel membuka kembali layanan pindah memilih untuk Pilkada 2024. (Foto: Andi/klikpapua)

MANSEL, KLIKPAPUA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) membuka pos layanan pindah memilih bagi masyarakat yang ingin menyalurkan hak suaranya di tempat yang berbeda pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Posko layanan ini telah dibuka sejak 17 September hingga 27 Oktober 2024 dan 29 Oktober hingga 20 November 2024 di di Sekretariat KPU Mansel, Jalan Sudjarwo Condronegoro, Ransiki.

Uding, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Mansel, menjelaskan masyarakat yang ingin pindah memilih karena alasan tertentu dapat langsung datang ke kantor KPU Mansel dengan membawa KTP dan dokumen pendukung. 

“Proses pindah memilih harus dilakukan sendiri dan tidak dapat diwakilkan,” ucapnya, Selasa (22/10/2024)

Lebih lanjut, Uding menjelaskan ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan bagi pemilih yang ingin pindah memilih, yaitu daftar pemilih tambahan (DPTb) yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kemudian, pemilih yang pindah memilih dalam satu kabupaten/kota yang sama dapat menyalurkan hak suaranya untuk Bupati dan Gubernur, sedangkan yang pindah memilih ke kabupaten/kota lain dalam satu provinsi hanya dapat memilih Gubernur.

Serta, pemilih yang pindah memilih ke luar provinsi tidak dapat menyalurkan hak suaranya, kecuali jika sudah pindah domisili dan dibuktikan dengan KTP elektronik.

Posko layanan pindah memilih akan dibuka hingga H-7 sebelum hari pemungutan suara. Namun, bagi pemilih yang memiliki alasan penting seperti sakit, melahirkan, atau ditahan pada H-3 sebelum hari pemungutan suara. KPU Mansel tetap akan melayani permohonan pindah memilih.

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pindah memilih, dapat langsung menghubungi KPU Mansel atau mengunjungi website resmi KPU,” tukasnya. (aco/red)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.