KPU Manokwari Asah Keterampilan PPD Gunakan Sirekap Pilkada 2024

0
KPU Manokwari melakukan uji coba aplikasi Sirekap Pilkada 2024. (Foto: Gemelin/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari melakukan uji coba aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) pada Pilkada serentak 2024, Selasa (22/10/2024) disalah satu hotel Manokwari.

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) yang diikuti Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se-Kabupaten Manokwari, untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pungut hitung suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November mendatang.

Komisioner KPU Manokwari, Jackson Hosio, mengatakan kegiatan uji coba aplikasi Sirekap diikuti seluruh PPD se kabupaten Manokwari yang dilakukan serentak di seluruh Provinsi Indonesia.

“Kegiatan yang dilakukan secara nasional hari ini diikuti seluruh PPD. Harapannya Agar pelaksanaan di hari H tidak ada kendala untuk penggunaan server,” ujarnya.

Jakckson menjelaskan, Sirekap merupakan sarana publikasi hasil dan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada. 

Aplikasi ini hanya dapat diakses oleh KPU dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada hari pemungutan suara.

Sebelumnya, PPD sudah diberikan bimbingan teknis di masing-masing distrik. Uji coba aplikasi Sirekap hari ini melibatkan seluruh TPS sebanyak 422 dan dilakukan secara langsung.

“Sebelumnya juga sudah dilakukan bimtek di distrik, dengan harapan ini sebagai penguatan kelembagaan, agar ilmu yang diterima untuk penggunaan Sirekap dapat digunakan dengan baik di TPS,” tuturnya. (mel/red)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.