Kongres Pemuda Katolik ke XIX di Palangkaraya, Komda Papua Bawa Pesan Kemanusiaan 

0

JAYAPURA,KLIKPAPUA.com–Kongres Pemuda Katolik ke XIX akan berlangsung di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah pada 24-27 Oktober 2024.

Dalam momentum ini, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Papua akan menghadiri Kongres Pemuda Katolik tersebut.

Namun, Pemuda Katolik Komda Papua akan membawakan pesan kemanusiaan, guna menyampaikannya dalam Kongres Pemuda Katolik yang dilangsungkan tiga tahun sekali ini.

“Kami akan bawa pesan kemanusiaan dari Papua, untuk menyampaikan dalam kegiatan Kongres Pemuda Katolik di Palangkaraya,” kata Ketua Pemuda Katolik Komda Papua, Melianus Asso, saat memberikan keterangan pers di Kota Jayapura, Papua, Senin (21/10/2024).

Melianus menjelaskan, pesan kemanusiaan yang disampaikan tentunya meliputi beberapa hal superti hak asasi manusia (HAM) bagi orang Papua, persoalan lingkungan hidup, persoalan tanah adat yang terjadi dibeberapa daerah di tanah Papua, pengusian warga akibat konflik bersenjata yang masih terjadi hingga saat ini.

“Beberapa isu-isu kemanusiaan ini yang akan kami sampaikan dalam Kongres Pemuda Katolik di Palangkaraya,” jelasnya.

Melianus berharap, Kongres Pemuda Katolik di Palangkaraya tidak hanya sebagai ajang pemilihan Ketua Umum, tetapi juga membahas berbagai permasalahan yang dialami oleh bangsa Indonesia, termasuk di tanah Papua.

“Kongres Pemuda Katolik tidak hanya menjadi ajang politik pemilihan Ketua Umum, tetapi harus dimanfaatkan secara baik, guna membahas berbagai isu-isu nasional, termasuk isu-isu kemanusiaan yang dialami oleh umat dan masyarakat di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk kami di tanah Papua,” harapnya.

Senada dengan itu, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Jayapura, Simon Petrus Bame menegaskan bahwa Pemuda Katolik sebagai organisasi kepemudaan di level nasional harus mampu terlibat aktif menyuarakan persoalan kemanusiaan yang ada di Papua.

“Pemuda Katolik ini organisasi nasional. Oleh karena itu, kedepan harus benar-benar terlibat aktif dalam memperjuangkan berbagai persoalan kemanusiaan yang masih terjadi di Indonesia, termasuk kami di tanah Papua,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Jayapura, Roberthus Yewen mengatakan, selama periode 2021-2024 sebelumnya, Pemuda Katolik telah membentuk Departemen Gugus Tugas Pengurus Pusat Pemuda Katolik. Oleh karena itu, kedepan Gugus Tugas Papua ini bisa diperkuat.

“Kehadiran Gugus Tugas Papua di Pemuda Katolik sangat penting, sehingga kedepan bisa diperkuat lagi melalui Kongres Pemuda Katolik, sehingga memberikan dampak yang positif bagi kaderisasi, tetapi juga aktif terlibat dalam persoalan kemanusiaan di tanah Papua,” ujarnya.

Yewen berharap dengan semangat Reborn And Grown Further yang telah dilakukan oleh Pengurus Pusat Pemuda Katolik sebelumnya bisa menjadi gerakan bersama, guna membangun kaderisasi dan keberpihakan Pemuda Katolik dalam semangat Pro Ecclesia Et Patria (Untuk Gereja dan Tanah Air/Bangsa).

“Kami mendukung penuh pelaksanaan Kongres ke XIX Pemuda Katolik di Palangkaraya. Semoga melalui Kongres ini, Pemuda Katolik terus membangun kekuatan kaderisasi, tetapi juga terlibat aktif dalam memperjuangkan berbagai persoalan kemanusiaan yang terjadi di Indonesia, khususnya di bumi Cenderawasih (Papua),” harap Yewen yang juga Dosen LB Universitas Papua ini.

Perlu diketahui bahwa Pemuda Katolik Komda Papua akan mengutus 2 orang kadernya bersama 1 orang dari Pemuda Katolik Komcab Kota Jayapura, 1 orang dari Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Jayapura dan 1 orang dari Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Keerom mengikuti Kongres Pemuda Katolik ke XIX di Palangkaraya. (RY)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.