Sentuh 5,6 Juta Pendaftar, Pertamina Terus Dorong Masyarakat Daftar QR Code Pertalite

0

JAYAPURA,KLIKPAPUA.com— Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengguna Pertalite agar segera mendaftarkan kendaraan yang dimiliki untuk mendapatkan QR Code.

Hal ini sebagai upaya Pertamina Patra Niaga dalam mewujudkan Program Subsidi Tepat Sasaran mulai dari Aceh hingga Papua.

Edi Mangun selaku Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Jumat (4/10/2024) mengungkapkan bahwa per 3 Oktober 2024 secara nasional jumlah pendaftar yang telah memiliki QR Code Pertalite menyentuh angka 5.664.570 kendaraan.

Edi pun menambahkan, terkait QR Code yang telah terdaftar pada kendaraan hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan sesuai dengan dokumen STNK yang dimiliki oleh setiap kendaraan.

“Pertamina terus menggencarkan sosialisasi serta pendaftaran QR Code ini, apalagi sekarang dengan adanya AI, proses verifikasi jadi lebih cepat. Namun, kami selalu ingatkan untuk konsumen yang telah memiliki QR Code agar selalu membawa QR Code saat pengisian, dan yang terpenting kami himbau agar QR code ini dijaga kerahasiaannya untuk menghindari disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Untuk informasi, penggunaan QR Code bertujuan untuk mencatat transaksi BBM penugasan secara lebih transparan mengingat adanya anggaran kompensasi yang diberikan Pemerintah untuk produk Pertalite, sehingga Pertamina sebagai operator memiliki kewajiban untuk mencatat konsumen dan volume transaksi BBM Subsidi yang dimandatkan oleh Regulator (BPH Migas).

“Karena ini merupakan BBM penugasan dari Pemerintah, maka untuk membantu penyaluran agar tepat sasaran, diberlakukan QR Code guna pencatatan transaksi,” terang Edi.

Edi memastikan bahwa pendaftaran QR Code Pertalite masih terus dibuka pada website https://subsiditepat.mypertamina.id disertai kelengkapan dokumen kendaraan yaitu KTP, STNK dan foto kendaraan tampak samping yang terlihat jumlah roda dan plat nopol.

“Kalau ada konsumen yang ingin mendaftar bisa mengunjungi SPBU terdekat di wilayah Papua Maluku, nanti akan langsung dibantu petugas terkait bagaimana langkah-langkah pendaftaran agar masyarakat bisa mendapatkan QR Code,” himbau Edi.

Edi berharap dengan berlakunya QR Code Pertalite, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dapat lebih efisien dan tepat sasaran, sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan dan memastikan bahwa hanya pihak yang memenuhi syarat yang mendapatkan manfaat dari subsidi BBM.

Registrasi dan informasi lebih lanjut terkait Program Subsidi Tepat Pertalite masyarakat dapat mengunjungi situs https://subsiditepat.mypertamina.id dan menghubungi Pertamina Call Center 135. (rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.