Ini Pemenang Sayembara Konten Digital PON XX

0
102
JAYAPURA,KLIKPAPUA.COM– Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Sabtu sore (5/10/2019) resmi mengumumkan pemenang sayembara konten digital untuk kampanye Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.
Pengumuman pemenang sayembara sesuai surat resmi  Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Nomor: 454/29/DISKOMINFO/2019 tentang Pengumuman Pemenang Sayembara Digital Campaign PON XX dan Peparnas XVI.
Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Kansiana Salle,SH dalam keterangan persnya menjelaskan bahwa penetapan  karya konten digital berupa animasi, foto dan video milik perseorangan maupun badan usaha, mulai diperiksa dan dinilai 9 juri independen sejak Rabu (2/10/2019) dan  rampung Jumat malam (4/10/2019).
9 juri yang memerika dan menilai karya konten digital tersebut berasal dari dari perwakilan perguruan tinggi, asosiasi seniman, pers, pakar IT (Informasi dan Teknologi) serta PNS, diantaranya Jeri Agus Yudianto, Jeremias C Koridama, Saut Marpaung, Albert Runaweri, Siti Nur Alam, Habel AN Sawaki, Hans Bisay, Dominicus Res Carvallo dan Didik Kusjadmika.
Dijelaskan Kansiana, para pemenang terbagi dalam 2 kategori yakni kategori masyarakat umum (perseorangan/kelompok) dan kategori badan usaha dengan tiga pilihan karya yakni karya animasi, karya foto dan karya video.
Untuk kategori masyarakat umum (perseorang/kelompok), juri mengamati, menilai  47 karya yang masuk  terdiri dari karya animasi terdapat sebanyak 14 karya sedangkan  3 karya dinyatakan diskulifikasi. Kemudian karya foto sebanyak 12 karya dan 4 karya dinyatakan diskualifikasi. Sedangkan karya video terdiri dari 18 karya dan 1 karya dinyatakan diskualifikasi.
Para pemenang sayembara ini, lanjut Kansiana, untuk kategori kelompok masyarakat umum (perseoranga/kelompok) karya animasi juara pertama atas nama Toshi Maidepa dengan hadiah uang Rp40 juta, juara kedua Anthon Elieser Baransano dengan hadiah uang Rp30 juta dan Oktovianus Parabang dengan hadiah uang Rp25 juta.
Sedangkan untuk karya animasi menarik dengan hadiah sebesar Rp5 juta diberikan kepada 9 peserta masing-masing kepada Linda Sugiarto, Ismail, Junior AA Rantetasak, Diodelon FD Fretes, Sapto Nur Rokmat, Jesfrail Irsat Pusung, Fitrriani Malawat dan Alex W Kanarubu
Selanjutnya karya video, pemenangnya Paskalis H Dotiri dengan hadiah uang Rp 40 juta, juara kedua Fauzil Adhim Bauw  dengan hadiah uang Rp30 juta dan Hendra Medeveyda S Morin  keluar sebagai juara ketiga dengan hadiah uang Rp25 juta.
Untuk karya video menarik diberikan hadiah kepada 10 peserta dengan hadiah masing-masing Rp5 juta atas nama Samuel Boswer, Jemmy Susilo, Muh Zulkarnain S, Yani R Leismanuaya, Rikki Pangkatana, Barce Rumkabu, Muhamad Zairuddin Soltief, Pandu Rio Arsetho dan Muhammad Muhajir
Selanjutnya karya foto, juara pertama atas nama Barce Rumkabu dengan hadiah Rp15juta, juara kedua Rikki Pangkatana dengan hadiah Rp7 juta 500 ribu dan Thino Ardika Jepese keluar sebagai juara ketiga dengan hadiah uang sebesar Rp5 juta.
Sedangkan karya foto menarik diberikan kepada 5 peserta atas nama Minchael Tanur, Erianto, Yani R Lesimanuaya, Jakob Wilian Kanarubun dan Freddy dengan hadiah uang  masing-masing Rp2 juta 500 ribu.
Sedangkan kategori kelompok Badan Usaha meliputi karya animasi, video, foto,  dijuarai CV Mila Star dengan hadiah uang Rp125 juta. Juara kedua Foromoko Matoa Indah Film dengan hadiah Rp100 juta dan juara ketiga PT Kharisma Persona Komunika dengan hadiah uang Rp 75 juta.
Lebih lanjut Kadis kominfo mengatakan keputusan ini telah melalui proses penilaian dalam rapat khusus dengan memperhatikan berbagai macam kriteria. Dan telah dituangkan dalam berita acara tim juri sayembara konten digital PON XX dan Peparpenas XVI nomor 07/SYM/PON XX PAPUA/2019.
“Juara I kelompok badan usaha selanjutnya ditunjuk untuk membuat dan menyiapkan microsite mengadakan berbagai aktivitas campaign konten digital hasil karya para pemenang masyarakat perseorangan atau badan usaha di microsite yang dibuat pada media sosial Facebook, Instagram dan Twitter,”jelas Kansiana Salle.
Editor: AZIS M MATDOAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here