MRPB Rekomendasi 4 Nama Pj Gubernur Papua Barat ke Mendagri

0
Kepala Badan urusan rumah tangga MRPB, Anton Rumbruren
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) merekomendasikan empat nama dari inisiatif anggota MRPB perwakilan  dari setiap wilayah adat untuk menjadi penjabat Gubernur Papua Barat.
Kepala Badan urusan rumah tangga MRPB, Anton Rumbruren mengatakan, keempat nama yang direkomendasikan merupakan usulan dari masing-masing Pokja berdasarkan inisiatif anggota MPR perwakilan masyarakat adat dari setiap wilayah pengangkatan.
“Usulan itu dibahas bersama dalam rapat pimpinan dan direkomendasikan soal siapa yang belum dikonfirmasi kembali kepada inisiatif anggota dari perwakilan wilayah adatnya,” ungkapnya saat ditemui di kantor MRPB Papua Barat, Senin (17/4/2023).
Namun salah satu calon perwakilan dari suku Kuriwamesa telah memasuki masa pensiun. “Kami sudah terima konfirmasi dari salah satu calon yang kami usulkan dari suku di Bintuni, Bapak Alfons Manibuy, beliau sudah sampaikan permohonan maafnya dan telah memasuki masa pensiun,” katanya. “Intinya MRPB hanya mengusulkan soal siapa yang akan dipilih adalah kewenangan Pemerintah Pusat,” tambah Anton Rombruren.
Sementara organisasi kemasyarakatan Ksatrian Parlemen Jalanan (Parjal) Papua Barat mengapresiasi lembaga MRPB yang telah mengusulkan empat nama calon pejabat Gubernur Papua Barat kepada Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri.
Ketua Parjal Papua Barat, Ronald Mambiuw, menyatakan lembaga yang sebagai mandataris culture telah mengambil langkah afirmatif dengan meminta Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri untuk memperhatikan anak-anak Papua yang memenuhi syarat untuk ditunjuk sebagai calon pejabat Gubernur Papua Barat.
“Kami berharap pemerintah pusat memperhatikan usulan MRPB dan DPR-PB dengan menunjuk anak-anak Papua menjadi Pj Gubernur di Provinsi Papua Barat,” ungkap Ronald. (red)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.