Bupati Waran: 5 Investor Asing Lirik Kakao Premium Mansel

0
41

MANSEL,KLIKPAPUA.COM – Lima investor asing lirik kakao Premium Manokwari Selatan. Kelima Investor asing tersebut rencana akan berinvestasi di Manokwari Selatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Markus Waran saat ditemui awak media, Senin (25/4/2022). Investor tersebut, yakni berasal dari Amerika, Australia, Jepang, Belanda dan Korea Selatan.

“Mereka nantinya, akan ikut untuk mengelola kebun Kakao Premium Ransiki, dibawah pimpinan Pemda dalam rangka mendukung kebun kakao sudah ada ini, bisa kembali eksis dan tetap ada. Karena kwalitas kakao kita di Manokwari Selatan, merupakan kwalitas premium,” ujar Bupati.

Sesuai permintaan kelima investor tersebut, mereka meminta masing-masing 100 hektar untuk awal.

Saat ini Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sedang membahas bersama investor di Amerika Serikat. “Mereka sedang membahas di sana, hasil pembahasan ini, Amerika dan beberapa investor dari negara tadi rencana akan berkunjung di Manokwari Selatan untuk berinvestasi,” ungkapnya.

Oleh karena itu,kata Bupati,kebun coklat yang ada akan dibenahi. “Saya berhentikan ada beberapa asisten kebun. Pemda sudah berikan waktu, saat saya menjabat pertama sudah saya kasih kesempatan untuk benahi kebun kakao sudah ada dan koperasi, tetapi kenyataan tidak ada kemajuan,” kata Waran.

“Tadi saya sudah video call dengan Menkomaritim dan menyampaikan, bahwa saat ini mereka sedang bicarakan dengan beberapa negara untuk berinvestasi di Mansel terkait cokelat nomor satu di Asia Tenggara,” terangnya.

Perkebunan Kakao Ransiki merupakan salah satu icon Manokwari Selatan, sehingga diharapkan bisa kembali eksis lagi seperti masa lalu,yang hasilnya sampai mancanegara.“Supaya kita bisa memperkenalkan potensi kita di Mansel,” tutupnya.(eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.