Wamendagri Harap Putra-Putri Papua Mampu Jadi Pemimpin Bangsa di Masa Depan

0
JAYAPURA,KLIKPAPUA.com– Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 di bawah laut Tanjung Kayu Batu, Jayapura, Papua, Jumat (28/10/2022). Upacara itu diikuti sebanyak 63 peserta yang membentuk formasi 28, serta yang lainnya membentuk formasi barisan.
Sebelum melakukan penyelaman, Wempi membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tentang makna penting peringatan HSP tahun ini. Di Dermaga Ditpolairud Polda Papua itu ia juga menyampaikan beberapa amanat kepada para peserta upacara.
Dalam amanatnya, Wempi berharap putra-putri Papua mampu menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Apalagi, kata dia, saat ini negara telah memberikan ruang yang besar bagi generasi di Papua agar dapat bersaing dengan kalangan pemuda dari daerah lainnya.
“Karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ajak jangan lagi kita mati sia-sia di atas tanah kita sendiri. Tetapi mari kita bersatu, perbedaan itu kita jadikan satu kekuatan untuk bangun Papua lebih baik ke depan,” ujar Wempi di hadapan para peserta upacara.
Wempi mengatakan, saat ini negara telah membuat kebijakan yang dapat membuat masyarakat Papua semakin sejahtera. Kebijakan itu yakni dengan adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua meliputi Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.
Melalui kebijakan tersebut, Wempi mengajak berbagai pihak untuk saling bergotong royong dan bergandengan tangan untuk memajukan Papua. Dirinya juga mengajak pihak-pihak terkait untuk membangun kesejahteraan agar rakyat Papua dapat menjadi tuan di tanah dan negerinya sendiri.
“Oleh karena itu, sekali lagi, saya ajak, saya bangga karena saya lihat peserta upacara kita hari ini banyak anak-anak, putra-putri asli Papua. Ini menjadi kebanggaan buat kita dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94,” tambahnya.
Wempi berharap momentum tersebut dapat mempersatukan para pemuda untuk kemajuan bangsa. Dia juga mendorong agar acara tersebut ke depan dapat dilaksanakan lebih meriah dan diikuti oleh lebih banyak orang.
“Sekali lagi saya ucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda yang telah menyatukan kita, mengobarkan semangat buat kita. Ke depan kita bersatu, bukan untuk bertikai tapi bagaimana kita berlomba memajukan negeri ini menjadi bangsa yang besar, menjadi bangsa yang baik,” tandas Wempi. (rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.