KLIKPAPUA.COM,JAYAPURA– Universitas Cenderawasih Jayapura bekerjasama dengan Universita Rhode Island (URI) Amerika Serikat menggelar lokakarnya dalam rangka penyusunan naskah akademik pendirian Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan (FKIP).

Lokakarya bertajuk Penguatan SDM dan Pendirian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNCEN dilangsungkan di Jaypura, Kamis (20/6/2019).

Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Uncen, John D Kalor,S.Si. M.Sc/M.I.N.C kepada PAPUA TIMES, Jumat (21/6/2019) mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rencana pendirian FKIP yang digagas atas kerjasama Uncen Jayapura dan URI Amerika Serikat. Pembicara dalam lokakarya ini menghadirkan Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Prof. Michael Alan Rice,Phd.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rencana percepatan pendirian FPIK yang telah kami sampaikan pada tanggal 29 Mei 2019 lalu,”ungkap John Kalor.
Dia menginformasikan untuk memperkaya naskah akademik yang sedang disiapkan, pihaknya mengundang 32 peserta dalam lokakarya ini diantaranya perwakilan Universitas Rhode Island-USA, Dinas Kelautan Provinsi Papua, Universitas Ottow & Geisler,dan dari Uncen pimpinan Fakultas MIPA, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta LMMA (LSM Locally Manages Marine Area.

Menurut Kalor, pada lokakarya ini dibahas tiga topik materi utama meliputi Fisheries Extension Programming at University of Rhode Island (Program Extensi Perikanan di URI), Penguatan SDM dan Pendirian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Adaptive co-Management of the Fisheries (Manajeman Perikanan).

Sebelumnya, Uncen-URI memproyeksikan tahun ini (2019) Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan (FKIP)didirikan. Diharapkan dengan terbentuknya fakultas tersebut dapat melahirkan peneliti-peneliti handal asli Papua untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan dimasa mendatang.

Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Prof. Michael Alan Rice,Phd kepada PAPUA TIMES, Selasa (28/5/2019) di Gedung Rektorat Uncen, Waena mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Uncen Jayapura yang komit dan mensupport pembentukan fakultas ilmu kelautan dan perikanan. Kata Rice, pembentukan fakultas ini dimungkinkan terwujud tahun 2019 ini.

“Komitmen Rektor Uncen sangat positif dan kami apresiasi juga kepada pemerintah Papua. Lanjutan kerjasama pendidikan melalui penandantangan MoU antara Gubernur Papua, Pemerintah Providence dan Rektor Universitas Rhode Island merupakan dukungan yang sangat positif. Itu adalah tahap penting,”ungkap Rice usai bertemu Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, di Jayapura.
Sementara itu, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT didampingi Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Uncen, John D Kalor,S.Si. M.Sc/M.I.N.C mengatakan dengan dukungan dari berbagai pihak maka diharapkan pembentukan fakultas ilmu kelautan dan perikanan Uncen dapat diwujudkan. Pihaknya juga berharap Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) mendukung cita-cita masyarakat Papua atas pendirian fakultas ini.

“Tahapannya adalah kita siapkan naskah akademik kemudiaan nanti di finalisasi pada bulan Juni dan kemudian dilanjutkan ke Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi untuk disahkan dan disetujui,”papar John D Kalor.

Editor: HANS BISAY

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.