UMKM Binaan Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Ikuti Pameran UMKM PYCH Festival 2024

0

JAYAPURA,KLIKPAPUA.com – Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Papua, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku membawa Mitra Binaan UMKM untuk mengikuti Pameran UMKM Se-Provinsi Papua dalam event Papua Youth Creative Hub (PYCH) Festival 2024.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan puncak perayaan Hari Anak Nasional 2024 pada 23 Juli 2024 yang digelar di Istora Papua Bangkit, dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Edi Mangun selaku Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku mengatakan partisipasi Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku dalam Pameran UMKM merupakan wujud nyata komitmen Perusahaan bersama Pemerintah Daerah dalam mendukung pengembangan UMKM daerah agar semakin maju.

“Tentu dengan adanya event ini menjadi bentuk komitmen kami dengan Pemerintah Daerah untuk mendorong peningkatan pelaku UMKM di Papua agar dapat produktif dan berkontribusi hingga ke tingkat lanjut,” ujar Edi.

Edi menekankan bahwa diperlukan sinergitas dari berbagai pihak demi meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM dan mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM di Papua.

“Sinergitas sebagai elemen penting antar stakeholder satu dan lainnya, melalui pameran ini semoga dapat mendorong pengembangan pelaku UMKM di Papua dan pertumbuhan ekonomi di Papua dapat meningkat,” ujarnya lagi.

Dalam Pameran UMKM yang diadakan, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku bersama Mitra Binaan UMKM memperkenalkan produk Dian Mahikay Pengolahan Ikan Asar, Bapia Transito, Aneka Nagasari Kenari dan Mas Kulit Merauke.

“Kami melalui Mitra Binaan Program CSR kami bersama kelompok-kelompok UMKM Pertamina memperkenalkan produk-produk yang kami bawa di Pameran UMKM FYCH Festival 2024. Seperti olahan ikan asar yang kami hadirkan bertepatan dengan Hari Anak Nasional, olahan ikan asar bagus untuk menambah gizi pada makanan anak-anak sebagai bentuk upaya pencegahan stunting pada anak-anak,” terang Edi.

Kegiatan ini diharapkan membuka peluang investasi pada bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah, meningkatkan pendapatan masyarakat daerah, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor UMKM Papua kepada khalayak.

Sementara itu, owner Bapia Transito Manokwari, Ibu Irman mengaku sangat berterima kasih telah diundang dalam Pameran UMKM dan merasa mendapatkan banyak manfaat usai mengikuti kegiatan ini.

“Kami berterima kasih sekali, jauh-jauh dari Manokwari diundang Pertamina untuk hadir ke Pameran UMKM yang diselenggarakan di Jayapura, dan selama pameran produk bapia kami sudah habis terjual,” unggahnya.

Ia berharap ada saran dan masukkan yang membangun terkait produk yang dimiliki, sehingga ada evaluasi dan inovasi terhadap produk. ”Harapannya kegiatan seperti ini terus ada dan semakin maju, dan tentunya kami ingin produk kami semakin dikenal masyarakat dan disukai,” imbuhnya.

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku berkomitmen untuk mendukung peningkatan pelaku UMKM masyarakat. Sebab UMKM memiliki peran penting dalam membangun perekonomian termasuk penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.(rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.