Penghargaan AJP: Hasilkan 24 Karya Jurnalistik Terbaik Wilayah Maluku Papua 2020

0
91
JAYAPURA,KLIKPAPUA.com– Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) merupakan sebuah penghargaan kepada para jurnalis se Indonesia dalam pemberitaan Pertamina di seluruh unit operasi dan anak perusahaan dari ujung timur hingga ujung barat, salah satunya insan jurnalis di wilayah Maluku dan Papua.
AJP ini bertujuan Memotivasi insan pers untuk membuat karya-karya jurnalistik yang memiliki nilai-nilai jurnalistik, komprehensif, faktual, padat dan mendalam sehingga dapat menyampaikan informasi secara proporsional dan juga
Setelah melalui berbagai proses seleksi yang ketat terhadap lebih dari 421 karya yang telah mendaftar pada AJP tahun 2020 untuk wilayah Maluku dan Papua. Mulai dari media cetak, online maupun media elektronik, akhirnya ditetapkan 24 pemenang dari delapan kategori yang diperlombakan.
Para pemenang dari tiap kategori berhak mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing senilai tiga juta rupiah untuk terbaik ketiga, lima juta rupiah untuk terbaik kedua, dan tujuh juta rupiah untuk terbaik pertama.
Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR VIII 8, Edi Mangun menyampaikan, kegiatan AJP ini sebagai bentuk penghargaan kepada jurnalis atas kerja kerasnya membangun Kerjasama dan juga harapannya kedepan para jurnalis dapat menghasilkan karya yang lebih luar biasa lagi dari sebelumnya, ujar Edi Jumat (30/11)
Ia menyampaikan terima kasih atas partisipasi teman teman jurnalis atas semangat yang telah di berikan dalam mengumpulkan setiap informasi terkait kegiatan Pertamina.
Dalam kesempatan yang sama, salah satu Dewan Juri AJP wilayah Maluku dan Papua 2020, Amir Hamza Siregar mengatakan bahwa, para dewan juri dalam menilai dan memutuskan pemenang AJP Maluku dan Papua 2020 tidak mudah. Sebab, ada 421 karya yang bersaing untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Ia berharap agar para jurnalis selalu berkarya dan memberikan karya karya yang lebih inovatif dari sebelumnya di tahun mendatang. AJP 2020 ini mengangkat tema Ketulusan untuk Melayani, para pemenang terbagi dalam delapan kategori yang diperlombakan yakni kategori hardnews cetak, feature cetak, feature online, feature radio, feature tv, foto essay, publikasi CSR, program kemitraan.
Dari kategori tersebut, dewan juri menetapkan pemenang Kategori hardnews cetak untuk Terbaik I diraih Rohana Yohana Wenggi (Cendrawasih Pos) dengan karya berjudul “Pertamina Imbau Masyarakat Waspada Modus Jual Selang Regulator LPG”. Terbaik II Sherly Lootje Pattipawai (Harian Pagi Siwalima) dengan karya berjudul “Pertamina Bangun Tangki Lpg Di Maluku & Papua”. Sementara itu Terbaik III dimenangkan Istya Sari Utami (Arafura News) dengan karya “Sinergitas Para Mitra Dan Pertamina Di Saat Pandemi”.
Pemenang Kategori feature cetak diperoleh Sherly Lootje Pattipawai (Harian Pagi Siwalima) sebagai Terbaik I, dengan karya berjudul “Pertamina Telah Luncurkan Layanan Pesan Antar BBM”. Terbaik II, Rohana Yohana Wenggi (Cendrawasih Pos) dengan karya berjudul “Tambah 16 KL, Siapkan Digitalisasi Bagi Konsumen”. Sementara itu, Istya Sari Utami (Arafura News) berhasil meraih peringkat Terbaik III denga karya berjudul “Ketika Pertalite Semakin Menjadi Primadona”.
Kategori feature online, dimenangkan Hendrina Dian Kandipi (LKBN ANTARA) sebagai Terbaik I dengan karya berjudul Dukungan Pertamina Bagi Warga Di Papua Di Masa Pandemi Covid-19. Terbaik II diraih Herlis Mercy Souhuken (Ambontoday.com) dengan karya berjudul “Pertamina: Utamakan Pelayanan Kepada Pelanggan Dan Tetap Waspada Penyebaran Covid-19 Di Maluku Papua”. Untuk Terbaik III diperoleh Sherly Lootje Pattipawai (Harian Pagi Siwalima) dengan karya berjudul Pertamina Pertamina Telah Luncurkan Layanan Pesan Antar BBM.
Pemenang feature radio Terbaik I Wahyudi (LPP RRI Sorong) dengan karya berjudul “Program Bbm Oktan Tinggi Harga Subsisdi Tidak Berkalu Di Mor VIII”. Terbaik II dengan judul karya “Empati Pertamina” milik Agus Setiawan (RRI Jayapura) dan Terbaik III diraih Ardi (LPP-RRI Merauke) dengan judul karya “Ketika SPBU Hadir Di Kota Seribu Papan”.
Pemenang kategori feature tv, Terbaik I jatuh kepada Flora Batlayeri (Kompas TV Sorong)) dengan judul Dukung Kemajuan Kota, Pertamina Bangun DPPU Deo Sorong. Terbaik II diraih Roy Darsono (Merauke TV) dengan judul karya ” Pimpinan Pertamina TBBM Merauke Raih Penghargaan Internasional”. Untuk Terbaik III dimenangkan Goras Rolly Sitanggang (Inews Jayapura) dengan judul karya ” Pertamina Adalah Energi Kejujuran Dan Semangat Untuk Menafkahi Keluarga”.
Kategori foto essay, pemenang pertama diraih Erianto (Cendrawasih Pos/Capos.online.com) dengan judul karya ” Menyulap Hal Biasa Menjadi Luar Biasa”. Kemudian disusul Abdul Razid Fatahuddin (Papuakita.com) dengan judul karya “Foto Aktivitas Pengrajin Noken, Kelompok Ganemo Manokwari ” dan pemenang ketiga diraih Erianto (Cendrawasih Pos/Capos.online.com) dengan judul karya “Pertamina Hadir Melayani Setulus Hati”.
Untuk kategori publikasi CSR, Terbaik I oleh Dominggus Everd Noya (LPP TVRI Stasiun Maluku) dengan judul karya “Sampah Membawa Berkah”. Terbaik II diraih Muhammad Abdul Syah (kumparan.com/bumi-papua) dengan judul karya “Dari Kecelakaan Lahirkan Usaha Rumah Albumin Ikan Gabus” dan Terbaik III diperoleh Findy Rakmeni (Kompas TV) dengan judul karya ” Mengubah Tempurung Kelapa Bernilai Ekonomis”.
Sementara itu, pemenang kategori program kemitraan dimenangkan oleh Wahyudi (LPP RRI Sorong) sebagai Terbaik I dengan judul “Penyerahan Program Kemitraan Pertamina Untuk Pelaku UMKM”. Juara II diraih Flora Batlayeri (Kompas TV Sorong) dengan judul karya “Pertamina RU VII Bantu Pinjaman Modal Usaha UMKM” dan Juara III dengan karya berjudul “Pertamina Kolaborasi Program Kemitraan Dengan Komunitas Social Enterprise Papua” oleh Fitryana Ayu Vhino. (rls)
Dikutip dari Papuasatu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.