Dishub Papua Dorong Terminal Batas Kota Dirampungkan Tahun Ini

0
955

KLIKPAPUA.COM, JAYAPURA -Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua mendorong pembangunan  Terminal Tipe B yang berada di batas kota Jayapura dan Sentani untuk dirampungkan tahun ini (2019).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Papua, Reky D Ambrauw, S.Sos, M.Si mengatakan keberadaan terminal ini akan sangat membantu untuk penertiban operasional angkutan umum atau taksi yang selama ini beroperasi dan mangkal di depan Museum Expo Waena.

Lebih lanjut kata Ambrauw, pembangunan Terminal Tipe B di Batas Kota (Jayapura-Sentani) tepatnya di Kelurahan Waena, Distrik Heram tersebut telah dibangun sejak beberapa tahun lalu dan tinggal tahap akhir atau finalisasi untuk segera dioperasikan.   Diharapkan terminal dapat mengurai kemacetan diseputaran Expo Waena.

“Terminal ini kita harap bisa menertibkan angkutan darat yang saat ini mangkal di Museum Expo Waena. Sehinngga meminimalisir tingkat kemacetan di depan Museum Expo,”jelas Ambrauw.

Dia menambahkan bahwa keberadaan Terminal Batas Kota sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 8 Tahun 2016 yang menyebubutkan bahwa Terminal kategori Tipe B, kewenangan pembangunan dan pengelolaannya oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Lanjutnya, saat ini sendang dilangsungkan proses lelangnya untuk penyelesaian dan perampungan terminal tersebut yang diharapkan dapat selesai tahun ini. “Harapan kami pembangunannya bisa segera selesai tepat waktu,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, Recky juga memastikan bahwa keberadaan Terminal Batas Kota menopang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

“ Terminal ini sangat strategis karena berada di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Jayapura. Pasti sangat mendukung PON tahun 2020 mendatang,”tandas Recky Ambrauw.

Editor: LEPIANUS K/ RIQUEN S

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.