Diproyeksikan 2019 Fakultas Kelautan Uncen Terbentuk

0
511
Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Prof. Michael Alan Rice,Phd.

KLIKPAPUA.COM, JAYAPURA– Jika tak ada aral melintang, tahun ini (2019) pembentukan fakultas ilmu kelautan dan perikanan bakal terwujud di universitas tersohor di Tanah Papua, Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Diharapkan dengan terbentuknya fakultas tersebut dapat melahirkan peneliti-peneliti handal asli Papua untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan dimasa mendatang.

Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Prof. Michael Alan Rice,Phd, Selasa (28/5/2019) di gedung Rektorat Uncen, Waena mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Uncen Jayapura yang komit dan mensupport pembentukan fakultas ilmu kelautan dan perikanan. Kata Rice, pembentukan fakultas ini dimungkinkan terwujud tahun 2019 ini.

“Komitmen Rektor Uncen sangat positif dan kami apresiasi juga kepada pemerintah Papua. Lanjutan kerjasama pendidikan melalui penandantangan MoU antara Gubernur Papua, Pemerintah Providence dan Rektor Universitas Rhode Island merupakan dukungan yang sangat positif. Itu adalah tahap penting,”ungkap Rice usai bertemu Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, Selasa siang.

Menurut Rice, untuk mewujudkan pembentukan fakultas tersebut maka tahap selanjutnya adalah penyusunan naskah akademik fakultas ilmu kelautan dan perikanan melalui workshop yang melibatkan berbagai pihak diantaranya universitas, peneliti, pemerintah dan swasta dan pihak-pihak lainnya.

“Penyusunan naskah akademik ini merupakan follow up dari kerjasama yang sudah terjalin antara Uncen, URI, Pemerintah Papua dan Pemerintah Rhode Island Amerika Serikat,”ungkap Alan Rice.

Sementara itu, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT didampingi Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Uncen, John D Kalor,S.Si. M.Sc/M.I.N.C mengatakan dengan dukungan dari berbagai pihak maka diharapkan pembentukan fakultas ilmu kelautan dan perikanan Uncen dapat diwujudkan. Pihaknya juga berharap Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) mendukung cita-cita masyarakat  Papua atas pendirian fakultas ini.

“Tahapannya adalah kita siapkan naskah akademik kemudiaan nanti di finalisasi pada bulan Juni dan kemudian dilanjutkan ke Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi untuk disahkan dan disetujui,”papar John D Kalor.

Dia menambahkan apabila kriteria-kriteria pembentukan fakultas ini dapat terpenuhi seluruhnya, maka dalam tahun 2019 fakultas ilmu kelautan dan perikanan dapat didirikan. Kami optimis dapat terwujud tahun ini,”tandasnya.

Pertemuan antara  Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT dan Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Prof. Michael Alan Rice,Phd  didampingi didampingi Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Uncen, John D Kalor,S.Si. M.Sc/M.I.N.C dan Koordinator Kerjasama URI-Uncen Elisabeth V. Wambrauw, ST. MT. Ph.D berlangsung di gedung rektorat Uncen Waena, Kota Jayapura.

Editor: Hans Bisay

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.