Wartawan Teluk Bintuni Jalani Vaksinasi Dosis Pertama

0
106
BINTUNI,KLIKPAPUA.com–Sebanyak 10 wartawan Bintuni Kamis (26/3/2021) menjalani vaksinasi dosis pertama, bersamaan dengan sejumlah instansi pemerintah vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh publik lainnya di Puskesmas Bintuni Kota Bintuni.
Menurut Kepala Seksi Surveylance dan imunisasi Dinas Kesehatan Teluk Bintuni Berlian Dologsaribu mengatakan, sasaran untuk pelayanan imunisasi kali ini adalah untuk 140 orang, dalam sehari hanya mampu memvaksin 80 orang, karena harus mempertimbangkan kondisi petugas kesehatan juga dosis vaksin yang tidak boleh dikeluarkan lebih dari 6 jam agar tidak rusak.
“Hari ini kami layani 80 orang, besok hari Sabtu akan kami layani berikutnya 60 orang, mereka akan kembali 28 hari kemudian untuk melakukan dosis ke dua pada 22 April mendatang dengan jumlah yang sama 140 orang” ujar Berliana.
Dikatakan, berdasarkan aturan baru kementrian kesehatan, memang optimalisasi terbentuknya antibodi vaksin akan terjadi setelah 28 hari penyuntikan dosis pertama sehingga peserta vaksin wajib kembali di waktu tersebut agar imun tubuh terbentuk sempurna.
“Aturan kementrian kesehatan terbaru imunitas akan terbentuk pada hari ke 28, sebelumnya 14 hari tapi tidak apa, namanya ilmu pengetahuan kan akan berkembang, bila kembali sebelum 28 hari kami harapkan tidak akan terjadi karena imunitas tidak akan terbentuk sempurna” kata Berliana.
Berliana juga menyebutkan mereka yang telah divaksin akan tetap melakukan rapid antigen bila hendak berpergian keluar daerah, karena vaksin sendiri hanya untuk membentuk kekebalan dalam tubuh lebih kuat dari mereka yang tidak divaksin.
Sebelumnya kepala dinas kesehatan Frangky Mobilala mengatakan, Vaksinasi dosis pertama untuk wartawan kali ini hanya diberikan jatah untuk 10 orang, karena mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang semakin menipis, sebab belum ada pasokan vaksin baru dari provinsi.
Frangky juga mengungkapkan, dijadwalkan vaksinasi untuk masyarakat sipil akan diberikan pada bulan Mei mendatang, pada bulan itu Bupati Teluk Bintuni juga akan melakukan vaksin. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.