TMMD ke 111 Hadir, Ada Peningkatan Perputaran Ekonomi di Kampung Idoor

0
37
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111, Kodim 1806 Teluk Bintuni, di Kampung Idoor, Distrik Wamesa telah berjalan sekitar 10 hari, dan akan berlangsung selama sebulan.
Dalam kegiatan TMMD yang berada di wilayah pedalaman Kabupaten Teluk Bintuni, melibatkan sekitar 150 anggota TNI dan  Polri serta aparat pemerintah daerah. Situasi Kampung Idoor mendadak ramai dan tentunya kebutuhan pangan, serta lainnya perlu dipenuhi.
Kebutuhan sehari – hari anggota Tim Satagas TMMD telah ditanggung panitia, namun tidak sepenuhnya. Sehingga ada keperluan lain, yang anggota perlu dibeli disekitar lokasi kegiatan. Sejumlah kios sembako yang ada di Kampung Idoor mendapat berkah dengan hadirnya ratusan anggota gabungan Tim Satgas TMMD. Karena sejumlah anggota mengeluarkan uang untuk berbelanja di kios.  “Banyak yang belanja pak,” kata pedagang sembako, La Mani saat ditemui sedang melayani pembeli yakni salah satu anggota TNI, di kios miliknya di Kampung Idoor, Jumat (25/6/2021).
Pria berusia 30 tahun, yang telah tinggal di Kampung Idoor sejak 2019 itu mengaku ada peningkatan pendapatan dengan adanya TMMD ini. Untuk itu La Mani merasa senang dengan hadirnya program TMMD yang melibatkan banyak personil dan juga masyarakat. “Terima kasih kepada TNI yang ada disini, jualan kita tambah laku,” ucapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh pedagang sembako yakni Harnida. Ia mengaku ada peningkatan jumlah pembeli dibandingkan hari biasa. Di hari – hari biasa tidak ada program TMMD, pembeli kadang ada kadang juga tidak, paling banyak 5 orang pembeli, tapi semenjak ada hadirnya TNI, jumlah pembeli bisa lebih sampai 10 orang perharinya. “Kalau hari – hari biasa, tergantung, kalau ad uang berarti ada juga masyarakat belanja, tapi kalau tidak ada uang, kurang (pembeli) juga, sejak hadirnya TNI ada beberapa yang juga belanja disini,” katanya saat ditemui terpisah.
Program TMMD telah diawali dengan pra TMMD sejak 3 Mei lalu, dan akan berkahir sekitar 20 hari kedepan. Tentunya telah dan akan terus memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kampung Idoor. Hal ini sesuai dengan tujuan TMMD dan juga harapan Dandim 1806 Teluk Bintuni, Letkol Inf. Kadek Abriawan.
Kata Dandim, program TMMD mengusung Tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.  Kegiatan ini bertujuan guna membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dalam rangka pemerataan pembangunan fisik maupun non fisik. Serta mewujudkan ruang, Bagi terciptanya keamanan di Teluk Bintuni.
TMMD tahun anggaran 2021 membangun  rumah warga tipe 36 sebanyak 8 unit, pemasangan instalasi air bersih sepanjang 1.900 meter, dan pengerasan jalan sepanjang 375 meter dengan lebar 8 meter. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.