Seleksi Terbuka Pejabat Tinggi Pratama Diikuti 69 Peserta

0
469

KLIKPAPUA.COM,BINTUNI – 69 peserta sudah mendaftar untuk ikut dalam seleksi terbuka Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.

Sekretaris Daerah Teluk Bintuni, Gustaf Manuputy, Senin (13/5/2019) di ruang kerjanya mengatakan, terkait dengan seleksi terbuka pejabat tinggi pratama, untuk pejabat esslon II sejumlah proses sudah dilakukan.

“Proses dari awal sudah dilaksanakan sejak mulai bulan Januari 2019. Namun karena aturan yang mengharuskan, kegiatan seleksi terbuka ini, boleh dilakukan asalkan kepala OPD yang mendaftar sudah menduduki jabatan paling tidak dua tahun, sehingga proses seleksi baru dilakukan mulai bulan Mei ini,” katanya.

Dikatakannya, sebelumnya para pejabat OPD mereka dilantik pada April 2017, sesuai dengan PP No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka setiap dua tahun OPD harus di evaluasi.

Untuk itu kata Manuputty, bupati menyampaikan memang harus dilakukan evaluasi kinerja dari para pimpinan OPD, sehingga pimpinan daerah telah mengambil langkah untuk evaluasi dan seleksi.

Pasalnya, sejumlah langkah -langkah yang sudah ditempuh panitia seleksi terbuka yakni konsultsi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan telah mendapatkan rekomendasi. Serta berkonsultasi ke BKN terkait dengan assessment (penilaian), sehingga nanti semua calon yang mendaftar untuk seleksi terbuka ini akan diseleksi kembali oleh assessor dari BKN Pusat. Namun seleksi berkas sudah di ferivikasi oleh panitia lokal. Dan hingga  kemarin telah terdaftar sebanyak 69 orang untuk memperebutkan 29 kursi kepala OPD.

“Kenapa kita lakukan seleksi di seluruh OPD, karena sesuai aturan untuk pimpinan OPD yang saat ini mereka duduk belum melalui seleksi terbuka melainkan hanya dikukuhkan oleh bupati, nanti kita akan lakukan assessment, aturannya setiap kepala OPD harus melalui seleksi assessment oleh BKN,” katanya lagi.

Dikatakannya, dari 29 OPD hanya ada 26 OPD yang dilakukan penilaian, sementara untuk tiga OPD yakni Satpol PP, Kesbangpol dan Disdukcapil, tidak akan dilakukan assessment.

Dijadwalkan tim Assessor BKN Pusat akan tiba pada Sabtu (18/5/2019) pekan ini. Dijadwalkan pada Minggu (19/5/2019) tim assessor tersebut akan melakukan pengarahan dan Senin sampai Rabu (20 -22/5/2019) dilakukan seleksi.

“Sesuai dengan verifikasi berkas dari 69 calon ini semua memenuhi syarat, nanti akan di nilai lagi oleh assessor dari BKN,” ujar Sekda.

Rata rata pejabat yang mendaftar berpangkat golongan IV A, IV B dan IV C. (at)

Editor : Bustam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.