Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Pilkada Teluk Bintuni di Distrik Manimeri Berjalan Kondusif 

0
403
BINTUNI,KLIKPAPUA.com – Panitia Pemilihan Distrik (PPD), Distrik Manimeri telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni tahun 2020, Kamis (10/12/2020), sekitar pukul 19.00 WIT.
Hasilnya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni nomor urut 01, Ali Ibrahim Bauw dan Yohanis Manibuy (AYO) memperoleh jumlah 2.385 suara. Sementara  pasangan petahana nomor urut 02 Petrus Kasihiw dan Matret Kokop (PMK2) mendapat 2.277 suara. Jumlah total suara sah yakni 4662, suara tidak sah sebanyak 90. Total suara sah dan tidak sah berjumlah 4752.
Surat suara yang diterima oleh PPD Distrik Manimeri sebanyak 5362. Surat suara rusak yang dikembalikan oleh pemilih sebanyak 11 lembar. Sisa surat suara termasuk sisa surat suara cadangan sebanyak 559.
Ketua PPD Distrik Manimeri Andris K. mengatakan proses rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Distrik Manimeri berjalan aman, tertib, dan kondusif. Karena menurutnya petugas ditingkat TPS sudah menyelesaikan persoalan – persoalan yang terjadi di lapangan. “Sehingga nilai dari bawah (TPS) sampai di sini (pleno distrik) ya tidak perubahan. Cuma perbaikan jumlah pemilih, karena ada coretan – coretan yang kurang jelas. Sementara untuk hasil tidak berubah,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama Kepala Distrik Manimeri Abdul Aziz Imran Kosepa mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas mulai dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri, aparat Distrik Manimeri, yang telah bekerja sejak  pengantaran surat suara, sampai pencoblosan dan rekapitulasi.
“Pesan saya kepada kedua simpatisan dan masyarakat yang ada di Distrik Manimeri, tetap jaga keamanan dan ketertiban. Proses pilkada sudah berakhir, tinggal menunggu hasil penghitungan suara di KPU Kabupaten Teluk Bintuni, siapapun yang terlihat itu adalah pemimpin kami dan seluruh masyarakat Teluk Bintuni,” pesannya.
Usai penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara tersebut, pemerintah distrik menggelar acara api kebersamaan api perdamaian. Ini kata Aziz merupakan tradisi untuk membakar semua amarah dan dengan harapan masyarakat tetap bersatu.
“Kita bakar – bakar ikan, pisang, ada singkong, daging, bersama seluruh petugas dan simpatisan dari Ayo dan PMK2, kita akan sama- sama makan bersama, kami akan menunjukan bahwa Manimeri ini aman, damai tentram, walaupun di satu keluarga ada perbedaan pilihan, tapi setelah itu kembali utuh dan sejahtera,” pungkasnya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh petugas Bawslu, saksi dari paslon nomor 01 AYO yakni Samsudin, saksi dari PMK2 Veliks Uskono. Dikawal oleh sejumlah petugas keamanan dari TNI dan Polri. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.