BINTUNI,KLIKPAPUA.COM— Untuk yang pertama kalinya, setelah resmi dibentuk beberapa bulan lalu, Komando Distrik Militer (Kodim) 1806 Teluk Bintuni menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 TNI tahun 2019.
Mengusung tema, ” TNI Profesional Kebanggan Rakyat “, pelaksanaan upacara dipusatkan di Lapangan Gedung Serba Guna, Kota Bintuni, Sabtu (5/10/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw.
Dalam amanat Panglima TNI, yang dibacakan oleh Bupati Petrus Kasihiw menyampaikan bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

“Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu Panglima TNI mengucapkan rasa hormat dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

“Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” ungkapnya.

Dikatakannya, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru.
Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi.

Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep -konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

“Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil TNI yang saya cintai dan banggakan. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran, dengan pemotongan tumpeng dan meniup lilin kue ulang tahun. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.