Pemda Teluk Bintuni Salurkan 12 Ribu Masker Kain ke Masyarakat

0
112
Bupati Petrus Kasihiw menyerahkan secara simbolis bantuan masker kain kepada kepala distrik untuk dilanjutkan dibagikan ke masyarakat.
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Tim Satgas Covid -19 menyalurkan 12 ribu masker kain ke masyarakat.
Bantuan masker kain ini merupakan tahap awal bantuan untuk 4 distrik, yakni Distrik Bintuni Timur, Distrik Manimeri, Distrik Babo dan Distrik Moskona Utara Jauh.
Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw kepada perwakilan dari 4 distrik tersebut, di Sekretariat Tim Satgas Covid -19 Kabupaten Teluk Bintuni, Kantor Dinas Kesehatan, Kilo Meter 6, Distrik Bintuni, Sabtu (11/4/2020).
Dalam arahanya Bupati Petrus Kasihiw mengatakan sesuai dengan anjuran Pemerintah Provinsi Papua Barat, masker yang dimaksud adalah masker kain, bukan masker bedah dan masker N95. Masker kain yang dipakai harus dicuci secara rutin serta tidak digunakan lebih dari empat (4) jam.
“Masker kain ini wajib digunakan seluruh masyarakat yang akan beraktifitas diluar rumah, begitupun untuk seluruh pegawai kantor Pemerintahan, TNI – Polri, karyawan dunia usaha wajib menggunakan masker pada saat beraktifitas” katanya.
Dikatakan melalui empat perwakilan distrik yang secara simbolis menerima bantuan masker tersebut, diharapkan dapat dibagikan ke masing -masing kepala kampung dan diteruskan selanjutnya ke masing – masing kepala keluarga.
Bupati juga menginstruksikan bahwa Pemerintah Daerah, TNI – Polri, pelaku usaha dan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menyediakan masker kain bagi masyarakat secara gratis.
Semenatra Direktur Utama RSUD Teluk Bintuni, dr. Eka W. Suradji menjelaskan, masker ini akan dibagikan oleh Kepala Distrik dan kepala Kampung kepada masyarakatnya. Namun pembagianya langsung diberikan ke rumah, tidak diperbolehkan pembagian di satu tempat yang menimbulkan kerumunan banyak orang.“Masker ini terbatas, hanya 12 ribu, tetapi dalam satu dua hari kedepan akan penambahan masker lagi,” ujarnya.
Pasalnya, setiap satu kepala rumah tangga menerima 2 lembar masker. Karena tujuanya bukan diberikan kepada semua penduduk Teluk Bintuni. “Masker kain ini bisa dipakai berulang, dengan catatan setiap hari setelah mengunakan harus di cuci kembali untuk digunakan kembali,” pungkasnya. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.