Pasar Rakyat Manimeri Diharapkan Tingkatkan Perekonomian di Wilayah SP

0
216
Pasar Rakyat Manimeri SP 4, Distrik Manimeri kini resmi beroperasi
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Setelah diresmikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan Rabu (9/6/2021), Pasar Rakyat Manimeri SP 4, Distrik Manimeri kini resmi beroperasi. Pasar terbesar ke dua di Teluk Bintuni diharapkan meningkatkan perekonomian di wilayah SP.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Yulius Bandi menjelaskan, sekitar 96 lapak atau tempat usaha yang ada di Pasar Rakyat Manimeri. Los pakaian sebanyak 12, pecah belah 20, pasar terbuka sebanyak 60 meja dan serta pasar ikan sekitar 4.
Kepala Dinas Perindagkop Teluk Bintuni, Yulius Bandi
Pembangunan pasar terbesar ke dua di Teluk Bintuni, bersumber dari dana tugas pembantuan pusat. “Untuk yang menempati mereka yang sudah mengajukan surat permohonan ke kepala dinas Perindagkop, di dalam isinya mereka harus menjelaskan kira – kira usaha mereka ini apa, supaya kita tempatkan sesuai dengan los yang sudah kita siapkan,” kata Yulius.
Dikatakannya sudah ada sebanyak 100 lebih permohonan yang masuk ke Dinas, namun hanya pedagang dari wilayah SP 4, 3, 2 dan SP 1, yang diperbolehkan mengisi pasar tersebut. Untuk sementara pedagang berdomisili diluar wilayah itu tidak diperbolehkan. “Karena pasar ini ada di SP 4, jadi yang diperbolehkan hanya SP 4, 3, 2 dan SP 1, jadi nanti kita pikirkan bagaimana, diluar dari SP 4 untuk kita bisa tempatkan di sana” ujar Yulius.
Dijelaskan, pemerintah Daerah juga menyediakan anggaran kurang lebih Rp. 8 Miliar untuk mempercantik pasar tersebut. Karena sebelumnya pemerintah pusat hanya menurunkan anggaran untuk pembangunan los pasar terbuka, sementara tempat parkir, halaman dan taman tidak termasuk. “Kalau kita tidak tambah keliahatan kurang begitu bagus, makannya untuk melengkapi keindahan pasar tersebut kita bangun lagi dengan APBD, kalo di hitung-hitung sekitar Rp 7 sampai 8 milyar,” pungkasnya. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.