Pandemi Covid-19 Tidak Menyurutkan Umat Muslim Sp 5 Bintuni untuk Berkurban 

0
137
Penyerahan daging qurban kepada warga di Kampung Argosigemerai SP 5, Kabupaten Teluk Bintuni usai penyembelian, Jumat (31/7/2020).(Foto: klikpapua)
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Situasi kondisi masa pandemi Covid-19, tidak sedikit pun menyurutkan umat muslim di Kampung Argosigemerai SP 5, Kabupaten Teluk Bintuni untuk berkurang di momen Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Jumat (31/7/2020).
Hal ini terlihat dari jumlah hewan yang dikurban dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah sapi mencapai 16 ekor, atau lebih banyak 2 ekor dibandingkan tahun 2019. Sementara untuk kambing jumlahnya menurun hanya 1 ekor, tahun lalu 4 ekor.
Meningkatnya jumlah hewan kurban ini menandakan bahwa semangat umat muslim di kampung tersebut untuk berbagi dengan sesama, meskipun krisis ekonomi melanda negata hingga seantero penjuru dunia.
Dari pantauan, proses penyembelihan dan pembagian daging kurban dilakukan di halaman Masjid At – Taqwa, Kampung Argosigemerai SP 5, usai pelaksanaan sholat Idul Adha secara berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan.
Meskipun wilayah Bintuni dan sekitarnya diguyur hujan sejak pagi, tidak menyurutkan semangat panitia melakukan pemotongan dan pengemasan daging kurma untuk dibagikan kepada umat muslim.
Ada sekitar 750 kupon yang telah dibagikan oleh panitia kurban tahun ini. Mengingat cakupan luasan pembagian daging kurban tidak seluas tahun lalu, karena sudah beroperasinay Masjid Polres Teluk Bintuni dan Masjid di Komplek Muhamadiyah SP 5, maka jumlah daging yang diterima lebih banyak dibanding tahun lalu. “Ada 750 kupon yang kita bagikan, seluruh umat muslim di kampung dapat semua, kalaupun ada yang datang tidak bawa kupon kami tetap layani,” kata Ketua Panitia, Hadi Karsito, disela- sela pembagian daging hewan kurban.
Menurut Karsito, pembagian hewan kurban ini harus adil dan merata.  Mengingat kondisi saat ini seluruh umat muslim terkena imbas pandemi corona virus. “Yang penting adil, yang kerja bantu pemotongan juga dapat bagian,” ujarnya.
Panitia melayani penukaran kupon dengan paket daging kurban, dimulai sekitar pukul 16.00 Wit hingga selesai. Karena terkenadala hujan, 1 ekor kambing hewan kurban direncanakan baru akan dipotong pada esok harinya. (at)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.