Momen 16 Tahun, Wabup : Harus Mampu Mendorong Performa Kinerja Terbaik Pemerintahan

0
442
Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop bertindak sebagai Inspektur Upacara memperiganti HUT Kabupaten Teluk Bintuni ke-16 tahun 2019. (Foto : Ist)

KLIKPAPUA.COM, BINTUNI – Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop mengatakan usia ke 16 tahun Kabupaten Teluk Bintuni yang disyukuri bersama ini mengisyaratkan semakin meningkatnya kedewasaan dan kemampuan daerah ini dalam menghadapi tantangan global yang semakin hari semakin sulit.

Ini disampaikan Wabup saat bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan HUT Kabupaten Teluk Bintuni ke-16 tahun di Lapangan Gedung Serba Guna (GSG), Kali Kodok, Kota Bintuni, Senin (17/6/2019).

Berkenan dengan hal tersebut, kata Wabup patutlah kita senantiasa menyadari bahwa peringatan ulang tahun bukanlah suatu prosesi seremonial semata yang dilaksanakan dari tahun ke tahun. Melainkan harus diterjemahkan sebagai semangat positif yang mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan di tanah Sisar Matiti.

“Hal ini lah yang melatar belakangi tema kerja bersama kerja produktif, sebagai tema sentral perayaan hari ulang tahun Kabupaten Teluk Bintuni ke 16 tahun 2019,” kata Wabup.

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga membeberkan sejumlah prestasi hasil kerjasama yang produktif selama satu tahun lalu jalannya pemerintahan. Di antaranya Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni berhasil menyelenggarakan pemilu 2019 dengan lancar, aman damai dan sejuk.

“Di bidang keuangan kita bersyukur bahwa sejak tahun 2013 atau 5 tahun berturut – turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, artinya dalam laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah telah disajikan secara standar akuntansi pemerintahan,” katanya.

Selain itu kata Matret Kokop pada tahun ini pemerintah daerah  mengangkat sekitar 588 tenaga honorer K2 menjadi CPNS dan telah melaksanakan seleksi CPNS formasi tahun 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019.

Sementara untuk di sektor Minyak dan Gas Bumi, pemda turut mendorong Raperdasus DBH Migas sehingga telah ditetapkan menjadi Perdasus. Mendorong implementasi partisipasi interes (PI) bagi perusahaan Migas yang beroperasi  di wilayahnya. Serta terus mengawasi proses pelatihan di Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas (P2TIM).

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para pemuda bisa berpartisipasi dalam dunia industri migas bukan hanya sebagai tenaga lapangan, tapi pada tingkatan manajerial baik lokal, regional maupun internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup mengungkapkan untuk bidang kesehatan pemberantasan wabah penyakit malaria  dengan program EDAT terus dilakukan dan telah mendapat penghargaan tingkat dunia.

Pasalnya pemerintah daerah saat ini juga telah bekerjasama dengan PLN sedang dan terus berupaya meningkatkan pelayanan listrik dengan membangun PLTD baru berkapasitas 3,5 MW. Diharapkan kedepan masalah listrik bisa teratasi.

“Di bidang pertanahan terdapat 221 sertifikat yang telah dibagikan di kampung di Distrik Babo,” katanya lagi.

Prestasi tersebut merupakan kerjasama seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat yang mau bekerja mewujudkan fisi dan misi Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.

Puncak acara juga dimeriahkan dengan aksi donor darah simulasi penanganan korban bencana alam oleh tim penanggulangan bencana Teluk Bintuni yang melibatkan Basarnas, PMI, TNI, Polri, tenaga kesehatan dan masyarakat.

Sementara malam harinya resepsi di gelar di gedung GSG. Menampilkan artis – artis papan atas asal Papua.

Turut hadir Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, Wakapolda Papua Barat,  Kombes POL Drs Tantang, Perwakilan Dan Lantamal XIV Sorong Kolonel Laut Indra Joko Rerangin, Ketua DPRD Telui Bintuni Buce Maboro, para Forkopimda Kabupaten Teluk Bintuni. Pimpinan OPD, para tokoh agama, adat, masyarakat dan pemuda, serta tamu undangan yang hadir. (at)

Editor : BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.